Teknik Penyelamatan Wajib Dimiliki Taruna Poltekpel Banten

Sabtu, 25 Januari 2020 05:37 Dede Hadiyana Nasional

Teknik Penyelamatan Wajib Dimiliki Taruna Poltekpel Banten


Koropak.co.id - Kecelakaan laut bisa terjadi kapan saja dan di perairan mana saja. Maka, setiap saat keselamatan jiwa manusia di laut memiliki ancaman lebih besar khususnya bagi para pelaut.

Hal tersebut disampaikan Direktur Politeknik Pelayaran Banten Joni Turiskan, ST., M.Si. M.Mar.E., saat dikonfirmasi Koropak, Jumat (24/1/2020).

"Cara-cara penyelamatan diri saat terjadi kecelakaan di kapal wajib diketahui oleh para taruna. Oleh sebab itu di Poltekpel Banten, para taruna dilatih di bidang keselamatan agar saat berlayar mereka terampil dalam teknik-teknik penyelamatan sebagaimana yang disyaratkan oleh International Maritime Organizer (IMO)," ujarnya.

Sebelum melaksanakan Praktek Laut (Prala), para taruna diberikan pula praktek simulasi dengan berbagai fasilitas yang ada di kampus Poltekpel Banten, seperti salah satunya praktek penyelamatan awak kapal.

Praktek penyelamatan tersebut meliputi teknik-teknik penyelamatan, baik secara individu maupun secara tim, dimulai dengan pengenalan peralatan dan perlengkapan keselamatan yang digunakan.

 

https://news.koropak.co.id/11337/materi-dasar-wajib-dimiliki-taruna-sebagai-calon-pelaut

 

Baca : Materi Dasar Wajib Dimiliki Taruna Sebagai Calon Pelaut

Adapun perlengkapan penyelamatan seperti Life Jacket, Inflatable Life atau Rakit Dikembangkan, Rescue Boat atau Sekoci Penolong, Line Throwing Rocket atau Roket Pelempar Tali, hingga penggunaan Suar, termasuk bagaimana cara bertahan atau Survive selama menunggu tim penyelamat.

Hal ini tentunya menjadi ilmu wajib yang harus dimiliki para taruna Poltekpel Banten mengingat evaluasi IMO bahwa adanya peningkatan yang drastis korban jiwa di laut yang terjadi akibat kesalahan manusia itu sendiri atau Human Error Factor.*

 

Baca pula : Tahukah Kamu! Inilah Manfaat Kedisiplinan Dalam Dunia Pelayaran