Poltekpel Banten Keluarkan Ijazah Bertaraf Internasional

Sabtu, 25 Januari 2020 12:24 Dede Hadiyana Nasional

Poltekpel Banten Keluarkan Ijazah Bertaraf Internasional


Koropak.co.id - Transformasi Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Tangerang menjadi Politeknik Pelayaran Banten, mendorong Kampus yang beralamat di Jalan Karang Serang Nomor 1 Kecamatan Sukadiri Kabupaten Tangerang, Banten tersebut untuk mengeluarkan ijazah bertaraf internasional.

Dikonfirmasi Koropak, Sabtu (25/1/2020), Direktur Poltekpel Banten Joni Turiska, ST., M.Si., M.Mar.E., menuturkan perubahan dari balai menjadi politeknik tidak mengubah mutu lulusan Poltekpel Banten.

"Hanya saja ada perubahan pada ijazah yang dikeluarkan. Saat menjadi balai, ijazah yang dikeluarkan yakni Ahli Nautika Tingkat III (ANT-III), Ahli Teknika Tingkat III (ATT-III), Ahli Nautika Tingkat IV (ANT-IV), dan Ahli Teknika Tingkat IV (ATT-IV). Setelah bertransformasi menjadi Politeknik, gelar yang disandang adalah Diploma," katanya.

 

Koropak.co.id - Poltekpel Banten Keluarkan Ijazah Bertaraf Internasional (2)

 

Baca : Materi Dasar Wajib Dimiliki Taruna Sebagai Calon Pelaut

Di negara-negara maju saat ini, ucap Joni, minat untuk menjadi pelaut mulai berkurang, sementara SDM transportasi laut semakin dibutuhkan. Untuk itu, para lulusan dari sekolah pelayaran di Indonesia dapat dipastikan akan terserap di dunia pelayaran internasional.

"Peluang kerja di dunia pelayaran atau kelautan sangat terbuka lebar. Semakin menjanjikan dengan ijazah yang dikeluarkan Poltekpel Banten yang berlaku global di seluruh negara karena mengacu pada regulasi International Maritime Organitation (IMO)," ucapnya.*

 

Baca pula : Peran Aktif Politeknik Pelayaran Banten Di Dunia Kemaritiman