Poltekpel Banten Dukung Pencegahan Pencemaran Lingkungan Maritim

Minggu, 26 Januari 2020 11:52 Dede Hadiyana Nasional

Poltekpel Banten Dukung Pencegahan Pencemaran Lingkungan Maritim


Koropak.co.id - Kewajiban untuk kapal berbendera Indonesia maupun kapal asing yang menggunakan bahar bakar Low Sulfur atau lebih dikenal dengan aturan International Maritime Organization (IMO) 2020, sudah diberlakukan sejak 1 Januari 2020.

Hal itu juga diperkuat dengan dikeluarkannya dua Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Laut yang diantaranya Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Laut nomor UM.003/93/14/DJPL-18 tanggal 30 Oktober 2018 tentang batasan kandungan sulfur pada bahan bakar dan kewajiban penyampaian konsumsi bahan bakar di kapal.

Selanjutnya, Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Laut nomor SE.35 Tahun 2019 tanggal 18 Oktober 2019 tentang kewajiban penggunaan bahan bakar Low Sulfur dan larangan mengangkut atau membawa bahan bakar yang tidak memenuhi persyaratan serta pengelolaan limbah hasil resirkulasi gas buang dari kapal.

 

Koropak.co.id - Poltekpel Banten Dukung Pencegahan Pencemaran Lingkungan Maritim (2)

 

Baca : Semangat Di Awal 2020, Poltekpel Banten Gelar Apel Bersama

Dikonfirmasi Koropak, Minggu (26/1/2020), Direktur Politeknik Pelayaran Banten Joni Turiska, ST., M.Si., M.Mar.E., membenarkan peraturan yang disampaikan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

"Kewajiban tersebut bertujuan untuk pencegahan pencemaran lingkungan maritim dengan menggunakan bahan bakar yang mengandung Sulfur senilai maksimal 0,5 persen m/m," ujarnya.

Dalam postingan akun resmi Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, menerangkan bahwa aturan tersebut bertujuan agar kapal berbendera Indonesia menggunakan bahan bakar Low Sulfur mengingat Indonesia merupakan salah satu negara anggota Dewan IMO yang berperan aktif dalam perlindungan lingkungan maritim.

Indonesia sebagai negara kepulauan yang aktif dan peduli terhadap perlindungan lingkungan maritim, maka Indonesia siap menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia siap IMO 2020.*

 

Lihat : Wujud Komitmen Poltekpel Banten Ciptakan SDM Kepelautan Andal