Truk Pengangkut Pasir Galunggung Tetap Bebas Berlalu Lalang

Minggu, 26 Januari 2020 19:26 D. Farhan Kamil Daerah

Truk Pengangkut Pasir Galunggung Tetap Bebas Berlalu Lalang

 

Koropak.co.id - Meski belum lama dilakukan razia, namun sejumlah truk pengangkut pasir Galunggung nampak tak ada hambatan berlalu lalang melewati Jalan tembusan Ciawi-Singaparna, tanpa mengindahkan petunjuk atau tata cara pengangkutan sebagaimana himbauan yang telah digelindingkan Dinas Perhubungan Kabupaten Tasikmalaya.

Selain tidak memakain terpal penutup bak, pasir yang diangkut terlihat menggunung melewati batas ketentuan dan air yang terus mengucur dari bak truk saat melewati persimpangan Ukhuwah/Muktamar.

Kondisi tersebut juga dibenarkan oleh Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kabupaten Tasikmalaya, Sana Andriana. Ia mengakui, berdasarkan laporan dari anggota di lapangan, masih terdapat truk-truk pengangkut pasir yang nakal alias tidak mentaati aturan atau tatacara pengangkutan.

"Imbauan terkait tata cara pengangkutan pasir sudah seringkali kami lakukan. Namun fakta di lapangan masih saja ditemukan pelanggaran. Mereka baik dari kalangan pengusaha maupun pengemudi truk pengangkut pasir yang tidak mentaati aturan, bisa jadi karena tidak mengetahui imbauan atau mungkin pura-pura tidak tahu," tuturnya, Sabtu (25/1/2020).


Baca : Tim Gabungan Lakukan Razia Kendaraan Pengangkut Barang

Bahkan terang Sana, ketika masih ada yang melanggar aturan, sangat dimungkinkan juga pihak pengusaha atau supir tidak mengerti imbauan.

Ditambahkan, Dishub akan bekerja sama dengan Satlantas Polres Tasikmalaya untuk meningkatkan pengawasan dan penertiban truk-truk pengangkut pasir yang melewati Jalan Cisinga atau jalan protokol.

Meskipun masih ditemukan pelanggaran, namun dampak razia yang dilakukan bersama petugas Polres Tasikmalaya pada Rabu (22/1/2020) lalu, cukup berdampak. "Banyak truk pengangkut pasir yang sudah menggunakan penutup dan tidak mengeluarkan air saat melaju di jalan," ujarnya.*

 

Baca pula : Sering Dilintasi Truk Diatas Tonase Jembatan Penghubung Cisinga Amblas

 


Berita Terkait