Polisi Buru Pemuda Diduga Penjual Alkohol Miras Oplosan di Tasikmalaya

Selasa, 28 Januari 2020 05:57 D. Farhan Kamil Daerah

Polisi Buru Pemuda Diduga Penjual Alkohol Miras Oplosan di Tasikmalaya


Koropak.co.id - Wakil Gubernur Jawa Barat, H. Uu Ruzhanul Ulum, SE mengaku, sangat prihatin dengan jatuhnya tujuh korban jiwa setelah mengkonsumsi minuman racikan alkohol dengan minuman berenergi beberapa hari lalu di Kecamatan Leuwisari dan Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya.

"Miris, kejadiannya justru di perkampungan yang dianggap masih murni dari pengaruh-pengaruh minuman keras seperti yang kerap terjadi di daerah perkotaan. Ini yang saya sebut sebagai dekadensi moral. Apalagi, terjadi di kota santri dimana banyak tempat berkumpulnya orang menimba ilmu agama," ujarnya, Senin (27/1/2020).

Uu meminta agar pengawasan orang tua terutama dari sosok ayah, lebih ditingkatkan agar kejadian serupa tidak terulang. Demikian masyarakat juga diharapkan agar tidak bersikap acuh terhadap perkembangan situasi. Dalam artian harus lebih peduli terhadap lingkungan sekitar.

Ditambahkan, Ia mengapresiasi gerak cepat aparat Kepolisian dalam menangani kasus yang terjadi di Kabupaten Tasikmalaya. Sehingga memberikan ketenangan dan rasa aman di masyarakat.

"Para terduga peraciknya sudah diamankan dengan cepat oleh pihak Kepolisian. Saya juga mengapresiasi kepada pemerintah desa setempat dan rumah sakit Kabupaten Tasikmalaya yang turut membantu kerja aparat dan membantu pemulihan korban," ucapnya.


Baca : Jumlah Korban Tewas Akibat Racikan Alkohol Bertambah Satu Orang

Sementara itu, Kapolres Tasikmalaya AKBP Dony Eka Putra, SIK mengatakan tiga saksi peracik alkohol di tiga tempat yakni Desa Jayamukti, Desa Cigadog dan Selawangi, sudah diperiksa dan diamankan di Mako Polres Tasikmalaya.

"Ketiganya (AH, OP dan AS) sudah mengakui yang meracik alkohol 70 dan 96 persen dengan minuman berenergi dan air mineral yang menyebabkan tujuh orang tewas di Kecamatan Leuwisari dan Sariwangi. Untuk sementara ketiganya masih dijadikan saksi," katanya.

Dony pun menegaskan, petugas tengah memburu salah seorang yang diduga sebagai penjual alkohol (AB). "Kita masih memburu penjual alkoholnya. Nanti perkembangannya kita sampaikan kepada kawan-kawan media," tutur Dony.*

 

Baca pula : Polisi Periksa A dan O Terduga Peracik Miras Maut

 


Berita Terkait