KPU Kabupaten Tasikmalaya Lakukan Supervisi Ke Pasangan CEKAS

Selasa, 28 Januari 2020 10:29 D. Farhan Kamil Pilkada

KPU Kabupaten Tasikmalaya Lakukan Supervisi Ke Pasangan CEKAS


Koropak.co.id - Menjelang dimulainya pendaftaran calon perseorang beserta penyerahan seluruh persyaratan pencalonannya, KPU Kabupaten Tasikmalaya mendatangi pusat data CEKAS Center, di komplek Pondok Pesantren Nurulwafa Gunung Hideung Kecamatan Sukarame, Senin (27/1/2020).

KPU melakukan Koordinasi, Supervisi dan Asistensi (KSA) terkait syarat dukungan pencalonan bakal calon bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan, yakni Cep Zamzam Dzulfikar Nur dan Padil Karsoma (CEKAS) tentang syarat dukungan pencalonan.

Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, Jajang Jamaludin mengatakan, tanggal 19 hingga 23 Februari 2020 nanti, adalah tahapan pendaftaran calon perseorangan beserta penyerahan syarat dukungan. Sehingga perlu ada KSA untuk memudahkan pasangan calon perseorangan pada saat melakukan pendaftaran ke KPU nanti.

KSA terang Jajang, salah satunya menyangkut pembahasan teknis, mulai dari jadwal dan mekanisme pendaftaran, hingga menginput syarat dukungan pencalonan, baik secara online maupun offline. Sehingga bisa lebih meminimalisir kesalahan-kesalahan teknis syarat pencalonan terutama pada saat nanti dilakukan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual.

"Menerapkan azas pelayanan, kita bangun komunikasi secara baik untuk memudahkan koordinasi. Sehingga jauh-jauh hari kita sudah dapat mendeteksi apa yang akan dilakukan oleh pihak CEKAS pada tanggal 19 Februari nanti, dalam kaitan penyerahan syarat dukungan," tutur Jajang.

 

Koropak.co.id - KPU Kabupaten Tasikmalaya Lakukan Supervisi Ke Pasangan CEKAS (2)

 

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga (Hubal) Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Ahmad Azis Firdaus, Bawaslu yang juga hadir dalam kegiatan KSA mengatakan, KSA yang dilaksanakan pasangan CEKAS, sudah sesuai prosedural serta aturan yang ada, guna memastikan progres dari calon perseorangan.

"Bersama KPU kita ingin melihat dan memastikan kesiapan tim CEKAS sebagai bahan dan data awal dalam melakukan pengawasan pada pelaksanaan verifikasi faktual, jika bakal calon perseorang mendaftar ke KPU," kata Aziz.

Sementara itu, Cep Zamzam Dzulfikar Nur mengatakan, saat ini tim sedang menginput data dukungan ke Silon KPU secara offline. Pada saatnya nanti ketika dibuka pendaftaran yakni pada tanggal 19 Februari 2020, maka data-data yang telah diinput, diekspor di Silon secara online.

Untuk input data dukungan tersebut terang dia, pihaknya menyiapkan 70 perangkat komputer dengan 90 operator yang bekerja 24 jam secara bergantian.

"Data dukungan yang masuk sudah dalam proses penginputan dalam silon offline, nanti di submit menjelang dibuka pendaftaran di KPU," jelas Cep Zamzam.

Ia menyebutkan, jumlah dukungan yang masuk sangat banyak dan tersebar di seluruh kecamatan. "Hingga kini berkisar 130.000 dukungan yang selesai di input. Jumlah ini sangat jauh lebih besar dari ketentuan syarat minimal dukungan yakni 88.820," tuturnya.

Ia juga menyebutkan, pada tanggal 19 Februari 2020 nanti, ia akan menyampaikan surat pengunduran diri sebagai ASN, kemudian deklarasi pencalonan di hadapan masyarakat, kemudian mendaftar ke KPU.*