Bisa Bunuh 65 Juta Jiwa, Virus Corona Jadi Perhatian Dunia

Selasa, 28 Januari 2020 14:59 Eris Kuswara Daerah

Bisa Bunuh 65 Juta Jiwa, Virus Corona Jadi Perhatian Dunia


Koropak.co.id - Novel Corona Virus atau yang lebih dikenal dengan nama virus corona ini kini sedang menjadi perhatian dunia. Pasalnya, selain menyebar di kota Wuhan, China, virus jenis baru ini juga terdeteksi hingga 13 Negara di dunia.

Hingga Selasa (28/1/2020) tercatat wabah virus corona menyebabkan 80 orang meninggal dunia dengan lebih dari 2.300 orang terinfeksi. Pemerintah Kota Tasikmalaya juga turut menyikapi wabah virus corona yang dikabarkan bisa membunuh 65 juta jiwa dalam kurun waktu 18 bulan.

Dikonfirmasi Koropak, Selasa (28/1/2020) Walikota Tasikmalaya, Drs H Budi Budiman mengatakan, Pemerintah melalui Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya telah menginformasikan ke puskesmas, klinik dan rumah sakit yang ada di Kota Tasikmalaya untuk mendata dan menyampaikan informasi apabila ditemukan pasien yang menderita atau suspect panas tinggi diikuti dengan batuk untuk patut dicurigai dan segera dilaporkan.

"Kami juga terus menggelorakan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) serta mengimbau masyarakat agar tetap menjaga lingkungannya," kata Walikota.

Walikota juga mengimbau untuk seluruh masyarakat serta warga Tionghoa Kota Tasikmalaya untuk tidak masuk dan bepergian ke negara Tiongkok terutama Kota Wuhan yang merupakan tempat pertama kalinya virus tersebut menyebar dikarenakan situasinya masih belum aman dan kondusif.

 

Koropak.co.id - Bisa Bunuh 65 Juta Jiwa, Virus Corona Jadi Perhatian Dunia

 

Baca : Lima Cara Cegah Penyakit di Musim Hujan

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Dr. Uus Supangat menuturkan Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya berupaya tetap berkoordinasi dan memantau terus perkembangan dari wabah virus tersebut serta berkonsultasi dengan Kementerian Kesehatan.

"Kami juga berkoordinasi dengan pihak RSUD dr. Soekardjo untuk mempersiapkan ruang isolasi apabila ada yang terjangkit atau suspect dari virus corona," tutur Uus.

Dikatakan Uus, Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya juga mengeluarkan surat edaran untuk seluruh puskesmas yang ada di Kota Tasikmalaya agar mewaspadai suspect-suspect apabila ada hal-hal yang berkenaan dengan virus corona.*

 

 

Lihat : Program Dinas Kesehatan Harus Sinkron Dengan RPJMD