Kasus Miras Oplosan Berujung Maut, Tampar Wajah Kota Santri

Selasa, 28 Januari 2020 23:59 D. Farhan Kamil Daerah

Kasus Miras Oplosan Berujung Maut, Tampar Wajah Kota Santri

 

Koropak.co.id - Kasus tewasnya tujuh orang warga Kecamatan Leuwisari dan Sariwangi akibat minuman racikan alkohol dan minuman berenergi, cukup menggemparkan warga diberbagai wilayah termasuk jagat maya.

Banyaknya jumlah korban minuman racikan hingga 21 orang dari kalangan remaja dan pemuda ini, benar-benar telah menampar wajah Tasikmalaya sebagai kota santri dan kota seribu pesantren.

"Ini mesti jadi perhatian semua pihak. Tidak saja aparat keamanan dan penegak hukum, orang tua, ulama, guru, ustadz, tokoh masyarakat dan pemuda, tetapi juga pemerintah daerah dari tingkat desa hingga Kabupaten," kata Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, H. Erry Purwanto, Selasa (28/1/2020).

Siapapun terang dia, kasus seperti ini tidak terulang kembali di daerah yang masih sangat kental dengan nuansa keagamaan. Tetapi kemudian bagaimana langkah yang paling tepat untuk memberangus praktik-praktik tak terpuji yang menyebabkan kematian.

 

Baca : Jumlah Korban Tewas Akibat Racikan Alkohol Bertambah Satu Orang


Menurutnya, saat ini muncul dua jenis minuman keras (miras), yakni minuman keras oplosan dan oplosan non miras, atau alkohol dicampur sumplemen minuman berenergi seperti yang marak terjadi baru-baru ini.

"Semua pihak harus mewaspadai dan menyikapi secara serius, untuk menyelamatkan generasi bangsa. Kasus miras racikan ini bencana kita semua," ucapnya.

Erry yang juga dewan pendidikan Kabupaten Tasikmalaya mengaku sangat prihatin dengan jatuhnya korban dari kalangan pelajar. Pihaknya berencana membawa persoalan tersebut ke ranah pendidikan untuk dicarikan solusi terbaik, sehingga tidak ada lagi kasus-kasus besar yang melibatkan pelajar.

"Kita dorong pemerintah bisa mengeluarkan langkah-langkah kongkret, salah satunya dengan membuat regulasi lebih ketat dan menciptakan efek jera bagi peracik minuman keras dan penjualnya," ujarnya.*


Baca : Polisi Buru Pemuda Diduga Penjual Alkohol Miras Oplosan di Tasikmalaya


Berita Terkait