Antisipasi Penyebaran Corona, Dinkes Kota Tasikmalaya Bagikan Masker

Rabu, 29 Januari 2020 17:35 Eris Kuswara Daerah

Antisipasi Penyebaran Corona, Dinkes Kota Tasikmalaya Bagikan Masker


Koropak.co.id - Sebagai langkah antisipasi dari penyebaran virus corona di Kota Tasikmalaya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tasikmalaya membagikan masker kepada para penumpang pesawat di Bandara Wiriadinata Kota Tasikmalaya, Selasa (28/1/2020).

Dikonfirmasi Koropak, Rabu (29/1/2020) Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Dr Uus Supangat mengatakan, pembagian masker kepada para penumpang dan petugas bandara sebagai langkah pencegahan sekaligus langkah awal dari pencegahan penyebaran virus corona dengan pemanfaatan masker.

"Pembagian masker ini bertujuan untuk mengantisipasi penularan virus corona sekaligus karena bandara juga menjadi salah satu tempat keluar masuknya orang dalam maupun luar negeri," kata Uus.

Ditambahkan Uus, pembagian masker ini tidak hanya akan dilakukan di bandara saja, akan tetapi turut dilakukan di terminal besar yang menjadi tempat keluar masuknya bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) serta Stasiun Kereta Api Tasikmalaya.

"Kami juga secara rutin melakukan sosialisasi pencegahan, pengenalan penyakit dan menerapkan pola hidup sehat kepada masyarakat agar tidak mudah terserang penyakit. Selain itu juga, masyarakat harus mengenal tanda-tanda dan gejala dari virus corona," ucapnya.

 

Koropak.co.id - Antisipasi Penyebaran Corona, Dinkes Tasikmalaya Bagikan Masker (2)

 

Baca : Bisa Bunuh 65 Juta Jiwa, Virus Corona Jadi Perhatian Dunia

Uus menuturkan, Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya juga akan terus berkoordinasi dengan Kantor Imigrasi Tasikmalaya untuk mendata riwayat dari warga Kota Tasikmalaya yang pergi ke luar negeri, maupun warga negara asing yang datang ke Kota Tasikmalaya.

"Terutama juga melakukan pemeriksaan intensif bagi orang yang datang dari negara terinfeksi virus corona. Oleh karena itu, jika dicurigai dia terjangkit akan langsung mendapatkan penanganan medis. Karena kami juga telah menyiapkan dokter untuk melakukan pemantauan dan pendeteksian awal," ujarnya.

Terkait dengan salah seorang warga Kota Tasikmalaya yang suspect virus corona, kata Uus, Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya bekerjasama dengan RSUD Dr Soekardjo Tasikmalaya sudah memastikan dan mengecek kondisi dari pasien, hasilnya negatif.

"Suspect berinisial Mi, warga Gunungsinga Kelurahan Yudanegara Kecamatan Cihideung ini merupakan seorang TKW. 10 hari yang lalu di tiba di Kota Tasikmalaya dan pada awalnya, Mi sempat dirawat di ruang isolasi pada pukul 11.00 WIB di RSUD Dr Soekarjdo. Namun kini, Mi telah dipindahkan ke ruangan biasa dikarenakan negatif," katanya.*

 

Baca pula : Heboh! Kelelawar Diduga Jadi Penyebab Penyebaran Virus Corona