Pencanangan Gerakan Bersama Menuju Eliminasi TBC 2030

Kamis, 30 Januari 2020 21:01 Dede Hadiyana Daerah

Pencanangan Gerakan Bersama Menuju Eliminasi TBC 2030

 

Koropak.co.id - Merujuk kepada Global Tuberculosis Report WHO 2019, Indonesia merupakan negara dengan beban Tuberculosis (TBC) tertinggi ketiga di dunia setekah India dan Tiongkok. Di tahun 2018 lalu, diperkirakan sebanyak 845.000 jiwa terjangkit dan 93.000 jiwa meninggal akibat TBC.

Menyikapi hal tersebut, Walikota Tasikmalaya Drs. H. Budi Budiman didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan bersama Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tasikmalaya, menghadiri kegiatan Pencanangan Gerakan Bersama Menuju Eliminasi TBS 2030 yang juga dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo di Cimahi Techno Park, Bandung, Rabu (29/1/2020).

Berdasarkan informasi yang dihimpun Koropak Kamis (30/1/2020) dalam sambutannya Presiden Jokowi secara tegas mendukung kegiatan tersebut, terutama mengingatkan pembangunan SDM yang merupakan salah satu fokus kerja pemerintah dalam 5 tahun kedepan.

"Saya mendukung kegiatan ini untuk bersama menuju eliminasi TBC 2030. Karena percuma jika masyarakat kita tidak sehat akan merambah kemana-mana nantinya. Bisa keberlanjutan dalam kerja nanti bahkan ke pendidikan," ujar Presiden RI.

 

Koropak.co.id - Pencanangan Gerakan Bersama Menuju Eliminasi TBS 2030 (4)

 

Baca : Enam Krida Jadi Bahan Monitoring Kinerja Dinkes Kota Tasikmalaya

Sementara itu, seiring program pemerintah pusat, Pemerintah Kota Tasikmalaya melalui Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya telah melakukan pendataan awal dan menemukan 1.087 kasus TB dan semuanya telah dilakukan penanganan.

Selain itu, Pemerintah Kota Tasikmalaya juga sudah memberikan pelatihan-pelatihan kepada kader-kader TB di Kota Tasikmalaya agar mereka lebih memahami tentang penyakit TB dan melakukan sosialisasi tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada masyarakat.

"Tuberculosis merupakan penyakit yang dapat mengakibatkan kematian, namun dapat disembuhkan. Untuk itu, program ini harus tetap dilaksanakan sehingga harapan kita semua Kota Tasikmalaya dapat terbebas dari penyakit TB ini," ucap Walikota Tasikmalaya.*

 

Baca pula : Bisa Bunuh 65 Juta Jiwa, Virus Corona Jadi Perhatian Dunia