Pengalaman Politik Mumpuni Mantapkan Ujang Sukmana Bertarung di Pilkada Tasikmalaya

Jum'at, 31 Januari 2020 23:59 Eris Kuswara Pilkada

Pengalaman Politik Mumpuni Mantapkan Ujang Sukmana Bertarung di Pilkada Tasikmalaya



Koropak.co.id - Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya Tahun 2020, Drs. Ujang Sukmana memiliki pengalaman di dunia politik yang mumpuni. Dibesarkan dari keluarga politik, membuatnya terjun ke dunia politik sejak remaja atau tepatnya sejak masih duduk di bangku SMP.

Dikonfirmasi Koropak, Jumat (31/1/2020) Ujang mengatakan pengalaman politiknya dimulai sejak masih duduk di SMP dengan background keluarga berasal dari Partai Golkar.

"Saya pun tumbuh besar di Kota Tasikmalaya, dan memiliki pergaulan yang luas. Pada waktu itu saya juga mondok di Ponpes Bahrul Ulum Awipari yang dikenal sebagai base PPP. Alhamdulillah melalui didikan dari guru saya, membuat saya bisa mendapat wawasan tambahan yakni dunia politik yang sebenarnya," kata Ujang.

Tak heran saat gurunya masuk ke PPP, secara otomatis Ujang mengikuti jejak sang guru dengan turut bergabung ke PPP. Gurunya juga berpesan kepadanya bahwa hidup itu harus istiqomah, sebab jika hidup istiqomah, sebelum meninggal hidupmu akan menemukan kebahagiaan meskipun sedikit dan sebentar.

"Sayangnya, pada waktu itu guru dan teman-teman saya hijrah ke partai yang lain, tetapi saya ingat pesan guru saya untuk istiqomah, maka saya memutuskan untuk tetap di PPP. Benar saja kata guru saya, dengan tetap di partai tersebut membuat saya bisa masuk menjadi anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya selama 2 periode," ucapnya.

 

 

Koropak.co.id - Pengalaman Politik Mumpuni Mantapkan Ujang Sukmana Bertarung di Pilkada Tasikmalaya

 

Baca : Dongkrak PAD, Dorong Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Tasikmalaya

 

Ujang menuturkan, sementara itu, dia mulai masuk struktur kepengurusan PPP pada tahun 2003 dan tahun 2004 dia mencalonkan diri dalam Pemilu Legislatif. Sayang, meskipun suaranya terbesar, tetapi Ujang tidak lolos dikarenakan kala itu calon yang terpilih didasarkan pada nomor urut dan bukan berdasarkan pada suara terbanyak.

"Meskipun saya tidak lolos, tetapi Alhamdulillah rupanya di balik kegagalan saya, Allah SWT memiliki rahasia lain. Saya berhasil menjadi seorang pengusaha dan kontraktor selama 5 tahun yang membuat saya bisa meningkatkan taraf ekonomi saya. Kemudian pada tahun 2009 saya berhasil masuk jadi anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya," katanya.

Bahkan pada Pileg 2014, Ujang pun berhasil terpilih kembali sebagai anggota legislatif. Berbagai jabatan pun sudah pernah dia pegang, terakhir, Ujang menjabat sebagai Wakil Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda).

"Alhamdulillah saya masuk ke DPRD pun bukan berkat pemberian, tapi benar-benar hasil perjuangan saya. Sekarang, saya ikut meramaikan bursa pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya dengan mendaftar ke Partai Demokrat dan Partai Golkar. Semoga dalam menjemput takdir ini, saya benar-benar ditakdirkan oleh Allah SWT untuk memimpin Kabupaten Tasikmalaya. Tetapi setinggi-tingginya cita-cita manusia, tetap hanya Allah SWT yang bisa mengabulkan maksud tersebut. Oleh sebab itu, saya mohon doa restunya," tuturnya.*

 

Baca pula : Bikers Tasikmalaya Ramaikan Pencalonan Ujang Sukmana