Usai Dipanggil Bawaslu, Dua Balon Bupati Tasikmalaya Dari ASN Bersuara

Sabtu, 01 Februari 2020 00:55 D. Farhan Kamil Pilkada

Usai Dipanggil Bawaslu, Dua Balon Bupati Tasikmalaya Dari ASN Bersuara

 

Koropak.co.id - Seusai memenuhi undangan Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (31/1/2020), dua bakal calon bupati dari kalangan ASN yakni H. Suryana dan H. Cep Zamzam Dzulfikar Nur, bersuara.

Menurut H. Suryana, kedatangan dirinya ke Bawaslu sesuai undangan pihak Bawaslu dalam rangka klarifikasi tentang regulasi Pilkada kaitan dengan ASN. Ia mengaku mendapatkan peringatan agar jangan salah paham tentang regulasi tersebut.

"Intinya jangan ada multitafsir terhadap aturan Pilkada kaitannya dengan ASN. Alhamdulilah kini semuanya lebih jelas dan tidak gagal paham," kata Suryana.

Langkah selanjutnya terang Suryana, akan mempelajari dan lebih memahami detail regulasi Pilkada kaitan ASN dalam rangka mewujudkan Pilkada yang sehat, jujur bersih dan bermanfaat.

  

Koropak.co.id - Usai Dipanggil Bawaslu, Dua Balon Bupati Tasikmalaya Dari ASN Bersuara (2)

 

Baca : Bawaslu Soroti Keterlibatan Tiga PNS, Diduga Langgar Etik ASN

Sementara itu, H Cep Zamzam Dzulfikar Nur mengatakan, sejauh ini landasan yang dijadikan dasar dirinya bergerak dalam aktivitas politik terkait pencalonannya sebagai bupati pada Pilkada serentak 2020, adalah Peraturan KPU (PKPU).

Selama ini jelas dia, pihaknya berpatokan ke PKPU saja dan tidak tahu ada UU lain yang mengatur terkait ASN yang mencalonkan diri sebagi bupati/wakil bupati dalam Pilkada.

Dirinya beranggapan bahwa pengunduran diri sebagai ASN sebagaimana disebut dalam PKPU baru dilakukan pasca penetapan calon Bupati oleh KPU Kabupaten Tasikmalaya, namun ternyata sesuai UU lainnya, prosesnya harus dimulai sejak jauh-jauh hari.

"Kini saya menjadi tahu dan paham setelah ada klarifikasi dari pihak Bawaslu. Rencananya, pekan depan saya akan menyerahkan surat pengunduran diri dari ASN ke Pemkab Tasikmalaya, agar lebih fokus dan tidak ada mudarat dalam aktivitas politik yang saya lakukan," kata Cep Zamzam.*

 

Baca pula : Di Pilkada 2020 Kabupaten Tasikmalaya Bawaslu Garang