Sebanyak 1.600 Peserta Ikuti Seleksi CPNS di Kota Tasikmalaya

Sabtu, 01 Februari 2020 19:28 Eris Kuswara Daerah

Sebanyak 1.600 Peserta Ikuti Seleksi CPNS di Kota Tasikmalaya


Koropak.co.id - Sebanyak 1.600 peserta yang berasal dari Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Pangandaran, Kota Banjar dan Kabupaten Garut mengikuti kegiatan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi Tahun 2019 Tahun Anggaran 2020 yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Balekota Tasikmalaya, Sabtu (1/2/2020).

Wakil Walikota Tasikmalaya, Drs. H. M. Yusuf menuturkan sangat mengapresiasi dengan terselenggaranya Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) karena Kota Tasikmalaya menjadi tuan rumah untuk 6 wilayah di Priangan. Seleksi CPNS diselenggarakan sampai dengan 27 Februari 2020," katanya.

Wakil Walikota menambahkan peserta tes CPNS yang telah terdaftar dan terverifikasi administrasi diharapkan mendapatkan hasil yang terbaik.

"Kami mengimbau kepada seluruh peserta, jangan pernah tergiur dengan orang-orang yang memanfaatkan suasana tes ini karena tes ini terselenggara secara transparan dan terbuka.

Untuk tahap pertama, tes dilaksanakan selama 4 hari mulai Sabtu (1/2/2020) hingga Selasa (4/2/2020) mendatang. Pada hari pertama seleksi, diprioritaskan untuk yang terdekat yakni Kota Tasikmalaya.

"Kami memprioritaskan Kota Tasikmalaya terlebih dahulu agar Kota dan Kabupaten lainnya yang jauh bisa melakukan persiapan lebih matang lagi. Selain di Kota Tasikmalaya, tes CPNS ini juga akan dilaksanakan di Kota dan Kabupaten lainnya seperti di Kabupaten Garut selama 10 hari dan terus belanjut ke Kota dan Kabupaten lainnya tanpa henti hingga 1 bulan," katanya.

 

Koropak.co.id - Sebanyak 1.600 Peserta Ikuti Seleksi CPNS di Kota Tasikmalaya

 

Peserta yang lolos nantinya akan ditempat sesuai dengan formasi yang diusulkan dengan prioritas utama di Pendidikan dan Kesehatan serta selebihnya untuk mendukung infrastruktur. Selain itu, soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Computer Assisted Test (CAT) CPNS sendiri dibuat oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Soal SKD CPNS terdiri dari tiga bidang pengujian yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dengan waktu ujian selama 90 menit untuk 100 soal," ucapnya.

Soal tersebut dibuat berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 23 Tahun 2019 tentang kriteria penetapan kebutuhan pegawai negeri sipil dan pelaksanaan seleksi calon pegawai negeri sipil Tahun 2019.

"Adapun untuk pelaksanaan tes dibagi ke dalam 4 sesi yang setiap sesinya diikuti sebanyak 400 orang peserta. Pada saat registrasi juga peserta hanya boleh membawa kartu peserta dan KTP serta tidak diperkenankan membawa handphone dan benda logam lainnya," ujarnya.*

 


Berita Terkait