Jangan Sampai Usulan Program Keluar Dari RPJMD Kota Tasikmalaya

Senin, 03 Februari 2020 16:05 Clara Aditia Daerah

Jangan Sampai Usulan Program Keluar Dari RPJMD Kota Tasikmalaya


Koropak.co.id - Wakil Walikota Tasikmalaya, Drs. H.M. Yusuf menegaskan agar usulan program yang nanti akan masuk pada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Tasikmalaya harus ada dan diusulkan dalam Musyawaran Rencana Pembangunan (Musrenbang) yang digelar dari tingkat kelurahan sampai tingkat kota.

Hal itu disampaikan Wakil Walikota dalam kegiatan Musrenbang Tingkat Kecamatan Tawang yang dilangsungkan di Aula Kantor Kecamatan Tawang, Jalan Siliwangi Nomor 72 Kota Tasikmalaya, Senin (3/2/2020).

"Musrenbang digelar dari tingkat kelurahan, masuk ke tingkat kecamatan, dan dikonsolidasikan untuk masuk ke musrenbang tingkat kota. Semua program prioritas yang akan masuk RKPD harus bisa mengakomodir usulan dalam musrenbang. Namun perlu jadi catatan, jangan sampai program yang kita usulkan masuk RKPD ternyata tidak ada dalam musrenbang," katanya.

Oleh sebab itu, ucap Yusuf, perlu adanya sinergitas dan harmonisasi antar pembangku kebijakan, termasuk DPRD melalui pokok pikirannya. Setelah usulan terbentuk dan dibahas dalam musrenbang tingkat kota, semua program masuk RKPD kemudian dirangkum dalam Kebijakan Umum Anggaran (KUA) Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) dan dibahas oleh dewan.

"Memang tidak semua usulan bisa masuk karena kita juga menyesuaikan dengan kemampuan anggaran. Oleh sebab itu kita minta susun program berdasarkan skala prioritas. Mana yang paling urgent, sehingga dapat masuk ke RKPD kita," katanya.

 

Koropak.co.id - Jangan Sampai Usulan Program Keluar Dari RPJMD Kota Tasikmalaya (2)

 

Baca : Dewan Diharap Senantiasa Bersinergi Dengan Pemerintah Daerah

Yusuf juga berpesan agar usulan program harus diselaraskan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan visi misi Kota Tasikmalaya.

"Jangan sampai ada program yang tidak selaras dengan visi misi, jangan sampai keluar dari RPJMD," tutur Yusuf.

Sementara itu, Camat Tawang, Yuda Permana, S.STP.,M.SI menjelaskan capaian keberhasilan program pembangunan di tingkat Kecamatan Tawang pada tahun anggaran 2019. Disampaikan Yuda, jumlah anggaran kecamatan ditambah dana kelurahan mencapai Rp 9.123.958.112.

"Realisasi dana kelurahan 2019 sebesar Rp 1,850 milyar, dan kita berhasil merealisasikan anggaran sebesar 99,04 persen, dengan realisasi sebesar 100 persen," katanya.*

 

Baca : Kota Tasikmalaya Ada Dalam Kemerosotan Moral

Lihat : Musrembang Tawang Lahirkan Gerakan Tawang Bersih dan Indah