Kepolisian Kawal Aksi Demo Ojol dan GMBI di Kota Tasikmalaya

Senin, 03 Februari 2020 19:35 Eris Kuswara Daerah

Kepolisian Kawal Aksi Demo Ojol dan GMBI di Kota Tasikmalaya


Koropak.co.id - Sebanyak 600 orang dari Mitra Ojek Online bersama dengan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Tasikmalaya menggeruduk Kantor GoJek Indonesia Priangan Timur yang berada dii Komplek Tasik Indah Plaza (TIP) Senin (3/2/2020).

Dalam aksi tersebut, anggota Polres Tasikmalaya Kota melaksanakan pengamanan dengan menurunkan sebanyak 149 personel gabungan Polres Tasikmalaya Kota yang dipimpin langsung Kapolres Tasikmalaya Kota, AKBP Anom Karibianto S.IK untuk mencegah terjadinya kericuhan.

Kapolres Tasikmalaya Kota, AKBP Anom Karibianto S.IK mengatakan, dengan dikawal Anggota Lantas Polres Tasikmalaya Kota, masa berangkat dari titik kumpul di Terminal Lama Cilembang Menuju Kantor Gojek Indonesia Priangan Timur dengan menggunakan sepeda motor dan satu mobil komando menuju Kantor Gojek Indonesia Priangan Timur di Komplek Pertokoan TIP.

"Maksud dan tujuan diadakannya aksi tersebut adalah untuk meminta kejelasan antara hak dan kewajiban dari driver dengan PT. Gojek wilayah kerja Priangan Timur yang dituangkan secara tertulis dalam kontrak perjanjian kerjanya seperti salah satunya terkait dengan adanya asuransi kecelakaan tenaga kerja sebagaimana yang ditentukan Undang Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan," kata Kapolres.

 

Koropak.co.id - Kepolisian Kawal Aksi Demo Ojol dan GMBI di Kota Tasikmalaya (3)

 

Baca : Banyak Hak Tidak Dipenuhi, GoJek Driver Tasikmalaya Tuntut Manajemen

Ditambahkan Kapolres, massa juga meminta agar pihak manajemen PT. Gojek tidak melakukan Putus Mitra (PM) secara sepihak kepada driver tanpa adanya konfirmasi atau cross check terlebih dahulu serta harus adanya transparansi apabila ada registrasi mitra baru.

"Mereka turut meminta penghapusan order prioritas, pengaktifan kembali mitra yang terkena notifikasi PM, penyetaraan penghasilan para pekerja driver gojek, minimum sesuai dengan UMK serta meminta agar segera dibentuknya serikat pekerja dan mendaftarkannya keasosiasi serikat pekerja Indonesia serta Disnaker Kota dan Kabupaten Tasikmalaya," ucapnya.

Kapolres menuturkan, Polres Tasikmalaya Kota juga turut melakukan tindakan pengamanan serta memberikan himbauan kepada para peserta aksi agar tidak melakukan tindakan kekerasan dan perusakan agar aksi tetap berjalan aman dan kondusif.*

 

Baca pula : Selalu Mangkir, Ancaman Sanksi Kepada Manajemen GoJek Kota Tasikmalaya


Berita Terkait