Peningkatan Ekonomi di Kecamatan Cipedes Mesti Dipacu

Senin, 03 Februari 2020 21:21 Erni Nur'aeni Parlemen

Peningkatan Ekonomi di Kecamatan Cipedes Mesti Dipacu

 

Koropak.co.id - Dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya, Ketua Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya, Andi Warsandi menyampaikan masyarakat Kecamatan Cipedes mengusulkan infrastruktur, merevitalisai gedung kecamatan, serta memperbaiki mutu lapangan sepakbola dan mengoptimalkan penggunaannya.

Demikian disampaikan Andi yang juga Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kota Tasikmalaya, kepada Koropak selepas menghadiri Musrenbang tingkat Kecamatan Cipedes, Senin (3/2/2020).

Andi mengatakan usulan-usulan masyarakat diidentifikasi lebih kepada kebutuhan-kebutuhan nyata dan berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat, terutama dalam rangka meningkatkan pendapatan masyarakat.

"Dengan banyaknya sentra ekonomi di Kecamatan Cipedes ini, perlu dilakukan optimalisasi guna memacu geliat perekonomian masyarakat yang akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Hanya saja program-programnya harus bisa diselaraskan dengan kemampuan anggaran di Kota Tasikmalaya," ujarnya.

Andi pun menyarankan agar program disusun berdasarkan skala prioritas dengan indeks utama adalah memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat yang akan sejalan dengan meningkatnya Indeks Pembangunan Masyarakat.

"Jika disusun skala prioritas, tentu akan tercipta usulan yang matang perihal program-program apa saja yang akan dilaksanakan di Kecamatan Cipedes," tuturnya.

 

Koropak.co.id - Kecamatan Cipedes Usulkan Infrastruktur dan Optimalisasi Lapangan (2)

 

Baca : Kecamatan Cipedes Usulkan 6 Prioritas Pembangunan Untuk Tahun 2021

 

Ditambahkan Andi, hal yang menjadi tantangan ke depan adalah ketersediaan anggaran serta optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang diharapkan dapat meningkat sehingga dapat turut memacu optimalisasi pembangunan di tiap wilayah di Kota Tasikmalaya.

"Kami di dewan, sebagai mitra pemerintah harus berpikir tentang efektivitas serta efisiensi pembangunan, kemudian optimalisasi PAD karena kebutuhan dan usulan program pembangunan dari tiap kecamatan semakin meningkat," katanya.

Oleh sebab itu, ucap Andi, dalam rangka memacu peningkatan PAD, Komisi II terus mendorong pemerintah untuk melakukan optimalisasi serapan pajak, serta potensi PAD lain sehingga jika PAD tumbuh, maka akan turut memacu optimalisasi pembangunan di daerah.*

 

Baca : Kota Tasikmalaya Ada Dalam Kemerosotan Moral

Lihat : Souvenir Cantik Berbahan Limbah Kora Khas Kota Tasikmalaya

 

 


Berita Terkait