Pemberdayaan SDM Jadi Persoalan yang Perlu Ditindaklanjuti

Rabu, 05 Februari 2020 19:46 Dede Hadiyana Parlemen

Pemberdayaan SDM Jadi Persoalan yang Perlu Ditindaklanjuti

 

Koropak.co.id - Persoalan saat ini yang urgent dan mesti segera ditindaklanjuti adalah bagaimana memberdayakan Sumber Daya Manusia (SDM) atau Human Capital mengingat SDM merupakan sebuah investasi yang manfaatnya tidak hanya dapat dirasakan hari ini saja, tapi hingga beberapa tahun ke depan.

Demikian disampaikan Anggota Komisi IV DPRD Kota Tasikmalaya Enan Suherlan, A.Md., S.Th.I., MM saat dijumpai Koropak selepas acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Bungursari yang digelar di Kantor Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya, Rabu (5/2/2020).

"Untuk infrastruktur sendiri kan sudah berjalan. Nah, yang perlu menjadi rumusan bersama, bagaimana memberdayakan SDM agar dapat memacu pertumbuhan perekonomian mereka," ujarnya.

Musrenbang, ucap Enan, merupakan aspirasi dari masyarakat yang mampu mengakomodir apa yang menjadi kebutuhan yang sangat mendasar di masyarakat. Demikian halnya dengan musrenbang di Kecamatan Bungursari. Oleh sebab itu, pertumbuhan ekonomi mesti dijadikan skala prioritas, sehingga akan memacu pertumbuhan daya beli masyarakat.

"Menurut laporan bank dunia, salah satu yang menopang pertumbuhan perekonomian di masyarakat itu, ada di masyarakat kelas menengah dengan capaian angka hingga 12 persen," katanya.

 

Koropak.co.id - Pemberdayaan SDM Jadi Persoalan yang Perlu Ditindaklanjuti (2)

 

Baca : Kecamatan Bungursari Ditargetkan Jadi Pusat Pergudangan

 

Enan berharap, dengan memacu pertumbuhan ekonomi, menjadi jalan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Seperti yang disampaikan Pak Wakil Walikota, ke depan tidak hanya menggenjot pembangunan infrastruktur saja, namun akan ada penyeimbangan dengan pemberdayaan masyarakat. Oleh sebab itu diharapkan di musrenbang ini, program-program dapat disusun secara komprehensif dengan menyesuaikan skala prioritas agar dapat sesuai dengan kemampuan anggaran," ucapnya.*

 


Berita Terkait