Hari Kanker Sedunia, Baznas Hijaukan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya

Kamis, 06 Februari 2020 10:51 D. Farhan Kamil Daerah

Hari Kanker Sedunia, Baznas Hijaukan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya

 

Koropak.co.id - Salah satu bentuk kepedulian terhadap ancaman bahaya kanker, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tasikmalaya melakukan penanaman 1.000 pohon di Pasirgowong Desa Nangewer Kecamatan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya.

Hal itu juga dilakukan dalam rangka memperingati World Cancer Day atau Hari Kanker Sedunia yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal 4 Februari untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia terhadap kanker.

Ketua Baznas Kabupaten Tasikmalaya, KH. Acep Thohir Fuad melalui Kepala Divisi Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Kabupaten Tasikmalaya, Ade Badruzaman mengatakan, pada tahun 2020 ini, Baznas Tanggap Bencana (BTB) Jawa Barat dan Kabupaten Tasikmalaya bekerjasama dengan Yayasan Kanker Indonesia (YKI), melakukan penanaman pohon sebagai cara mengurangi polusi udara yang beresiko kanker.

"Alhamdulillah, dengan disaksikan pejabat BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Camat Pagerageung, Danramil, Kapolsek serta Kepala Desa Nangewer, anggota Baznas Kota Tasikmalaya dan karang taruna serta tokoh pemuda dan masyarakat desa Nangewer, kami bisa melaksanakan kegiatan penanaman seribu pohon. Ini upaya kami selain reboisasi juga untuk menciptakan nafas dunia lebih segar tanpa polusi yang memicu timbulnya kanker," kata Ade kepada Koropak, Kamis (6/2/2020).

 

Koropak.co.id - Hari Kanker Sedunia, Baznas Hijaukan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya (2)

 

Baca : Ternyata ZIS ASN Kabupaten Tasikmalaya Banyak Pemanfaat


Ditambahkan Ade, BTB bisa melakukan kegiatan penanaman pohon, dengan memanfaatkan zakat, infaq dan sedekah (ZIS) ASN dan para agnia yang terhimpun di Baznas Provinsi dan Kabupaten Tasikmalaya.

Ade menambahkan, selain BTB, Baznas Kabupaten Tasikmalaya juga memiliki LAB atau Layanan Aktif Baznas yang menangani sosial kemanusiaan dan kesehatan mustahik.

Kemudian BMF Microfinace. Lembaga program yang menangani usaha produktif mustahik dan MCB Mualaf Centre. Yaitu lembaga program yang menangani kegiatan pembinaan mualaf khususnya dalam penguatan akidah, yang senantiasa berkoordinasi dengan Kementerian Agama dan MUI Kabupaten Tasikmalaya.*

 

Baca pula : Insan Disdik Kabupaten Tasikmalaya Merapat Ke Baznas


Berita Terkait