Kolaborasikan Pakulima Dengan Perda Penataan dan Pemberdayaan PKL

Kamis, 06 Februari 2020 19:01 Clara Aditia Parlemen

Kolaborasikan Pakulima Dengan Perda Penataan dan Pemberdayaan PKL


Koropak.co.id - Ketua Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya, Andi Warsandi menilai usulan Perkumpulan Pedagang Masyarakat Tasikmalaya (Pepmatas) tentang Pasar Kuliner Malam merupakan usulan brilian dalam hal penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) agar dapat tertata dan terberdayakan dengan baik.

Demikian disampaikan Andi kepada Koropak selepas menerima audiensi dari Pepmatas di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Tasikmalaya, Kamis (6/2/2020).

"Kita harus menangkap energi positif dari usulan tersebut. Pepmatas memberikan saran pandangan atas penataan dan pemberdayaan PKL yang lebih komprehensif dan bisa mendatangkan impact yang baik," kata Andi yang merupakan Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kota Tasikmalaya itu.

Terutama, ucap andi dalam hal mendatangkan wisatawan melalui penataan PKL yang dikolaborasikan dengan wisata kuliner melalui Pakulima.

Dewan sebagai rumah aspirasi rakyat, ucap Andi, harus bisa mengkanalisasi pikiran strategis, termasuk usulan Pakulima seperti yang diusulkan Pepmatas. Pakulima dinilai menjadi upaya strategis yang banyak memberikan manfaat, mulai dari mengurai kesemrawutan PKL Cihideung, membantu penataan kota, sekaligus menggali potensi baru melalui hadirnya destinasi wisata kuliner.

 

Koropak.co.id - Kolaborasikan Pakulima Dengan Perda Penataan dan Pemberdayaan PKL (2)

Baca : Miliki Antibodi Kuat, PKL Diyakini Mampu Dorong Pertumbuhan Ekonomi

"Usulan Pakulima sangat selaras dengan upaya Pemerintah Kota Tasikmalaya yang dalam waktu dekat akan mengusulkan Raperda Penataan dan Pemberdayaan PKL. Diusulkannya Raperda tersebut menjadi implementasi bagaimana ruang diskusi penataan pemberdayaan PKL bisa terlaksana," katanya.

Terlaksananya penataan PKL, ucap Andi, khususnya yang berdagang di Cihideung menjadi jawaban atas penanganan kesemrawutan dan ketidakteraturan PKL.

"Pakulima juga menjadi jawaban bagaimana menciptakan alternatif destinasi wisata kuliner yang baik dan dikolaborasikan dengan penataan PKl yang baik dan humanis," tuturnya.*

 

Lihat : Pasar Kuliner Malam Ciptakan Potensi Ekonomi Kreatif

 

 


Berita Terkait