Harus Ada Perubahan Paradigma Usulan Program di Musrenbang Tahun 2020

Kamis, 06 Februari 2020 19:37 Dede Hadiyana Daerah

Harus Ada Perubahan Paradigma Usulan Program di Musrenbang Tahun 2020

 

Koropak.co.id - Pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya, secara resmi dibuka oleh Wakil Walikota Tasikmalaya Drs. H. Muhammad Yusuf berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya, Kamis (6/2/2020).

Kepada Koropak, Wakil Walikota mengatakan, untuk musrenbang tahun 2020 harus ada perubahan paradigma dari hasil musrenbang tingkat kelurahan hingga kota.

"Skala prioritasnya harus benar-benar bisa ditanggapi oleh pemerintah melalui program kegiatan yang menjadi prioritas walaupun anggaran kita terbatas. Sehingga nanti di RKPD usulan program Musrenbang bisa diselaraskan dengan program kita yang bisa kita danai dari bantuan keuangan provinsi ," ujarnya.

Khusus APBD, ucap Wakil Walikota, yang sekarang sudah masuk di dana kelurahan harus dilaksanakan secara serius karena dana kelurahan tersebut tidak terlepas dari pengawasan dan audit lembaga berwenang.

 

Koropak.co.id - Harus Ada Perubahan Paradigma Usulan Program di Musrenbang Tahun 2020 (2)

 

"Penggunaan dana kelurahan ini harus hati-hati karena diawasi berbagai pihak. Jangan sampai nanti ada korban penyalahgunaan dana kelurahan. Sinkronisasi dan sinergitas dengan keterbatasan anggaran yang ada perlu dilakukan guna meraih titik temu, program mana yang menjadi skala prioritas yang nantinya dibawa ke musrenbang tingkat kota," katanya.

Kecamatan Tamansari, ucap Yusuf, anggaran yang teralokasikan hampir Rp 34 miliyar dan itu bersumber dari APBD juga APBN.

"Saya yakin bahwa suatu saat Kecamatan Tamansari akan menjadi kecamatan yang tumbuh besar, tidak seperti dulu yang dikenal dengan keterbelakangannya," ucapnya.*

 

Baca : Penguatan Daya Saing Masyarakat Jadi Target Pemerintah Kota Tasikmalaya