Di Musrenbang, Camat Tamansari Usulkan Program Prioritas

Kamis, 06 Februari 2020 19:45 Erni Nur'aeni Daerah

Di Musrenbang, Camat Tamansari Usulkan Program Prioritas


Koropak.co.id - Pada tahun anggaran 2019, Kecamatan Tamansari memperoleh anggaran belanja langsung sebesar Rp 6,633 Milyar yang mendanai 7 program dan 122 kegiatan. Sementara pada tahun 2020, alokasi anggaran mencapai Rp 12 milyar untuk mendanai 8 program dan 128 kegiatan.

Demikian disampaikan oleh Camat Tamansari Ukim Sumantri dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Tamansari, Kamis (6/2/2020).

"Dari anggaran Rp 6.633 Milyar tersebut terdapat dana kelurahan sebesar Rp 2,961 milyar. Sedangkan di tahun anggaran 2020, dari total Rp 12 milyar, sebesar Rp 10,5 milyar merupakan dana kelurahan yang akan disalurkan ke masing-masing kelurahan," katanya.

Dengan demikian, ucap Ukim, dana yang dikelola Pemerintah Kecamatan Tamansari sekitar Rp 2 milyar yang sudah termasuk dalam biaya operasional sekitar Rp 1,2 milyar, serta insentif RT dan RW," katanya.

 

Koropak.co.id - Di Musrenbang, Camat Tamansari Usulkan Program Prioritas (2)

 

Sementara itu, dalam musrenbang, Pemerintah Kecamatan Tamansari mengusulkan beberapa usulan program, meliputi peningkatan mutu infrastruktur, telekomunikasi, irigasi, optimalisasi tempat wisata, peningkatan SDM, pemberdayaan perekonomian masyarakat, serta peningkatan indeks pendidikan.

"Usulan tersebut dihasilkan dalam Musrenbang di 8 kelurahan se-Kecamatan Tamansari. Usulannya sebagian besar terdapat di infrastruktur karena sekalipun jalan-jalan protokol sudah bagus, akan tetapi di beberapa tempat masih perlu perbaikan," kata Ukim.

Masyarakat juga, ucap Ukim, mengusulkan drainase karena sebagian besar jalan di Tamansari belum dilengkapi drainase yang memadai. Kebutuhan drainase turut disertai kebutuhan irigasi mengingat mayoritas masyarakat Tamansari banyak yang bergerak di sektor pertanian sehingga memerlukan kelancaran air yang mengaliri pesawahan masyarakat.*

 

Baca : Harus Ada Perubahan Paradigma Usulan Program di Musrenbang Tahun 2020