Tiga Program Prioritas Diusulkan Dalam Musrenbang Kecamatan Mangkubumi

Kamis, 06 Februari 2020 21:38 Eris Kuswara Daerah

Tiga Program Prioritas Diusulkan Dalam Musrenbang Kecamatan Mangkubumi


Koropak.co.id - Dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Mangkubumi, terdapat tiga prioritas yang diusulkan. Ketiga prioritas tersebut meliputi tuntasnya pembangunan Masjid Besar Kecamatan Mangkubumi, konsisten dalam penegakkan Perda Tata Nilai, serta merobohkan bangunan-bangunan yang masih berdiri di Kecamatan Mangkubumi seperti eks Terminal Cilembang.

"Bangunan tersebut perlu dirobohkan karena diindikasikan sering dijadikan tempat transaksi penyakit masyarakat dan sosial," kata Camat Mangkubumi, H. Dahlan AR kepada Koropak selepas kegiatan Musrenbang Tingkat Kecamatan Mangkubumi yang dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya, Kamis (6/2/2020).

Ditambahkan Dahlan, untuk pembangunan masjid, pihaknya juga sudah sepakat dengan panitia pembangunan masjid, untuk penggalangan dana berasal dari swadaya masyarakat mencapai Rp 50.000 per Kepala Keluarga (KK) dengan kalkulasi mencapai Rp 1 milyar.

"Berbagai upaya lainnya kami lakukan untuk menggalang dana bagi pembangunan masjid, karena di sini juga banyak pengusaha dan agnia. Sehingga kami berupaya agar ada sinergitas dengan mereka, baik itu kepada pengusaha pribumi maupun pengusaha luar yang membuka usaha di Kecamatan Mangkubumi. Contohnya seperti Pabrik Dollar yang memberikan bantuan 100 sak semen untuk pembangunan," ucapnya.

 

Koropak.co.id - Tiga Program Prioritas Diusulkan Dalam Musrenbang Kecamatan Mangkubumi (2)

 

Baca : Pembangunan Masjid Besar Mangkubumi Harus Segera Selesai

 

Dahlan menuturkan, ada pihak lainnya yang memberikan bantuan untuk pembangunan masjid, yaitu pengusaha Gudang Cell yang memberikan bantuan uang tunai sebesar Rp 1 juta serta material bahan bangunan pasir cor dan pasir gunung sesuai dengan kebutuhan pembangunan.

"Target maksimal pembangunan masjid diusahakan bisa selesai akhir tahun 2020 mendatang. Bahkan, Pak Wali juga sudah memberikan support sebagai penanggungjawab Baznas Kota Tasikmalaya dengan memberikan bantuan uang sebesar Rp 100 juta. Sementara itu, untuk total dana yang diajukan dalam musrenbang kali ini untuk pembangunan masjid dengan luas sekitar 250 bata ini diasumsikan Rp 750 juta," ujarnya.*

 

Baca pula : Penguatan Daya Saing Masyarakat Jadi Target Pemerintah Kota Tasikmalaya