Jadi Ancaman Bagi Toko Kelontongan, Minimarket Jangan Jual Eceran

Jum'at, 07 Februari 2020 09:52 Clara Aditia Parlemen

Jadi Ancaman Bagi Toko Kelontongan, Minimarket Jangan Jual Eceran


Koropak.co.id - Anggota Lembaga Ekonomi Sustainable (Leksus) Tasikmalaya, Iik Muzakir menuturkan tujuan Leksus mengadakan audiensi dengan Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya pada Kamis (6/2/2020) adalah untuk meminta kejelasan terkait Perda Nomor 1 Tahun 2015 tentang Perubahan atas Perda Nomor 1 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern.

Dalam Perda tersebut, dinilai ada celah yang dimanfaatkan minimarket untuk menjual secara eceran yang jelas menjadi ancaman matinya toko-toko kecil yang ada di sekitar minimarket tersebut.

"Kita telah melakukan riset dan menemukan minimarket yang menjual secara eceran. Coba bayangkan, masa di minimarket kopi bisa dijual 1 sachet, bahkan bisa diseduh di sana. Ini jelas merupakan kesalahan, mendorong terciptakan persaingan bisnis tidak sehat, dan menjadi ancaman bagi toko-toko kecil," katanya.

 

 

Koropak.co.id - Jadi Ancaman Bagi Toko Kelontongan, Minimarket Jangan Jual Eceran (2)

 

Baca : Toko Modern Jangan Sampai Membunuh Toko Kelontongan

 

Tasco dijadikan sasaran riset, ucap Iik dikarenakan Tasco merupakan minimarket lokal yang ada di Tasikmalaya. Justru dengan menjadikan Tasco sebagai objek riset, mendorong Tasco untuk lebih bijak, daripada mengembangkan banyak minimarket, lebih baik Tasco menjadi mitra UMKM yang mengangkat produk industri kreatif dari Kota Tasikmalaya.

"Kami mendorong ke arah sana. Bagaimana Tasco sebagai minimarket lokal bisa menjadi mitra UMKM, membantu market produk UMKM agar UMKM di kita bisa tumbuh, berkembang, dan sejahtera," tuturnya.

Iik berharap celah dalam Perda yang dimanfaatkan minimarket untuk berjualan eceran harus segera diperbaiki, direvisi, atau bahkan dirubah agar tidak ada pemanfaatan oleh minimarket secara terus menerus. Lama kelamaan, jika terus didiamkan, maka akan diikuti pula oleh minimarket lain.

"Kalau semua minimarket jual eceran, mau gimana penjual warung? Minimarket tentu mencari untung, sedangkan warung kecil, tidak laku satu sachet saja sudah rugi," tuturnya.*

 

Baca : Soal Celah Merugikan di Perda Pasar Modern, Dewan Akan Berkonsultasi

 


Berita Terkait