Jelang Pilkada 2020 Masyarakat Diajak Cerdas Melalui Pers Sehat

Sabtu, 08 Februari 2020 23:20 D. Farhan Kamil Daerah

Jelang Pilkada 2020 Masyarakat Diajak Cerdas Melalui Pers Sehat

 

Koropak.co.id - Di Hari Pers Nasional (HPN) sejumlah jurnalis Kabupaten Tasikmalaya menggelar workshop jurnalistik di gedung SMA Negeri 1 Singaparna, dengan melibatkan sekitar 120 komunitas jurnalistik pelajar dari sejumlah SMA/SMK maupun MA/MAN di wilayah Kecamatan Singaparna, Sabtu (8/2/2020).

Sebelumnya, para awak media yang dikoordinir oleh Irpan Wahab Muslim salah seorang jurnalis online, bersama sejumlah aparat kepolisian dari Polres Tasikmalaya, membagi-bagikan bunga serta stiker bertuliskan hantam hoax di perempatan jalan Muktamar, Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Dalam workshop yang dibuka langsung Sekda Kabupaten Tasikmalaya, Dr. H. Mohamad Zen M.Pd itu, dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Tasikmalaya, di antaranya Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, H. Asep Sopari AlAyubi, Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, Zamzam Zamaludin, Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Dodi Juanda, Kepala SMA Negeri 1 Singaparna, H. Dudus Dustiana dan perwakilan Diskominfo Kabupaten Tasikmalaya.

Dengan menggandeng KPU dan Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, para awak media mengedukasi tentang perbedaan media masa dengan media sosial serta teknik meramu dan menebar informasi tanpa hoax terhadap sejumlah komunitas jurnalis pelajar antara lain, Justisia, Bronis, Genius Crew, Attajdid Action News, Batik, Folisa dan BAJ.

Irpan Wahab menyebutkan, pembagian bunga, menyimpan filosofi yang mendalam. Yakni mengajak masyarakat untuk menumbuhkan cinta kasih antar sesama anak bangsa.

"Sedangkan stiker, pesannya adalah agar kita sama-sama cerdas dalam memilah dan memilih pemberitaan yang menyebar masif dalam kehidupan sehari-hari terutama melalui media sosial, khususnya menjelang Pilkada serentak 2020," katanya.

 

Koropak.co.id - Jelang Pilkada 2020 Masyarakat Diajak Cerdas Melalui Pers Sehat (2)

 

Dr. Mohamad Zen menyebutkan, Pers merupakan bagian penting dalam kehidupan. Semakin masifnya media menyampaikan sesuatu yang positif, tentunya akan menjadi kekuatan dalam memotivasi masyarakat dalam pembangunan.

Pemerintah berterima kasih kepada seluruh insan pers yang telah memberikan informasi secara utuh dan akurat kepada masyarakat, sehingga masyarakat mengetahui apa yang terjadi untuk kemajuan bangsa.

"Kami selaku Pemerintah mengapresiasi atas terselenggaranya workshop jurnalistik dalam rangka HPN di hadapan para pelajar sebagai generasi bangsa. Kewajiban Pemerintah saat ini adalah bagaimana kita membangun sumber daya manusia (SDM) yang memiliki tanggung jawab secara utuh dan berorientasi pada hasil dan tentunya pers memiliki peranan untuk mewujudkan SDM tersebut," ujar M Zen.*

 

Baca pula : Hari Pers Nasional 2020, Tangkap Setiap Informasi Tanpa Emosi

 


Berita Terkait