Hari Pers Nasional 2020, Tangkap Setiap Informasi Tanpa Emosi

Minggu, 09 Februari 2020 00:13 D. Farhan Kamil Daerah

Hari Pers Nasional 2020, Tangkap Setiap Informasi Tanpa Emosi

 

Koropak.co.id - Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, H. Asep Sopari Alayubi mengatakan, pers harus berdiri pada posisi check and balance atau penyeimbang di antara berbagai stakeholder.

Di samping itu, pers harus dapat memosisikan diri dimana penyelenggara negara perlu diberi masukan, ataupun kritikan, tetapi dalam penyampaiannya kepada masyarakat, harus mencerdaskan dan konstruktif bukan sebaliknya.

Dalam hal ini, penyelenggara pemerintahan harus mampu bersinergi dengan pers sebagai salah satu pilar demokrasi dan dapat bekerja sama dalam menyampaikan informasi yang sehat sehingga masyarakat menjadi lebih cerdas. Maka peran media harus terus dikuatkan.

Demikian hal itu diutarakan Asep Sopari seusai menyampaikan materi dalam acara workshop jurnalistik dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020 dengan tema "Pers Sehat Masyarakat Cerdas" di gedung SMA Negeri 1 Singaparna, Sabtu (8/2/2020).

"Saya titip kepada pelajar khususnya yang sedang menggeluti dunia jurnalistik pada mata pelajaran eskul, agar waspada terhadap arus informasi apalagi menjelang Pilkada 2020. Baca dulu setiap informasi dengan kepala dingin dan jangan emosi. Media akan terus bergerak seiring situasi dan kondisi, kita jangan sampai terjebak oleh cara-cara yang sengaja menciptakan kondisi dengan menebar hoax dan perang di medsos," ujarnya.

Pers selama ini sebagai sumber deteksi, sumber cipta suasana. "Kita berharap pers menjadi pilar yang mendinginkan suasana Pilkada. Insan media diharapkan menjadi tulang punggung arus informasi, yang sejuk dan membangun," tuturnya.

 

Koropak.co.id - Hari Pers Nasional 2020, Tangkap Setiap Informasi Tanpa Emosi (2)

 

Sementara itu, Kabag OPS Polres Tasikmalaya Kompol M Fauzan Syahrir mengatakan, rekan pers sebagai salah satu sektor penyambung masyarakat dengan pemerintahan dan kepolisian.

"Pers telah banyak berkontribusi dalam memberikan informasi yang sangat berarti dan penting serta memberikan pencerahan. Tantangan masyarakat hari ini adalah, perubahan arah informasi sejalan kemajuan teknologi informasi. Maka sesekali jangan pernah menyalahgunakan bahkan menuhankan handphone atau medsos," ujarnya.

Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya Zamzam Zamaludin SP menegaskan, keterlibatan pers atau jurnalis begitu banyak sekali dalam membangun negara. Perjuangan negara tidak lepas dari perjuangan rekan-rekan jurnalis atau media. Karena ada pergerakan rekan-rekan pers-lah, tersiar kabar dari Sabang sampai Merauke.

"Peranan pers bagi negara ini, sangat luar biasa. Harapan dalam penyelenggaraan pilkada, keberadaan pers ini mampu menciptakan menyelenggaraan pilkada yang jujur adil dan bermartabat," kata Zamzam.*

 

Baca pula : Jelang Pilkada 2020 Masyarakat Diajak Cerdas Melalui Pers Sehat

 

 


Berita Terkait