Anak Punk Mesti Diberikan Fasilitas Guna Menunjang Kreativitas

Minggu, 09 Februari 2020 01:00 Erni Nur'aeni Daerah

Anak Punk Mesti Diberikan Fasilitas Guna Menunjang Kreativitas


Koropak.co.id - Salah seorang seniman, sekaligus Ketua Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya Bode Riswandi menuturkan sebetulnya jika digali lebih mendalam, punk memiliki ideologi berkesenian yang luar biasa. Seperti halnya Punklung asal Rancaekek Bandung. Band punk tersebut seolah melabrak pakemnya dengan memainkan alat musik tradisional angklung.

"Band Punklung ini merupakan salah satu percontohan yang positif. Apalagi mereka menyalurkan kreativitas sekaligus melestarikan budaya. Mereka menjadi cerminan bahwa anak punk itu tidak semuanya negatif," kata Bode.

Mungkin, ucap Bode, bagi anak punk turun ke jalanan merupakan sebuah gaya hidup. Namun bagi sebagian masyarakat, turunnya anak punk ke jalanan menjadi ancaman karena dikhawatirkan menimbulkan permasalahan yang meresahkan.

 

Bagi anak punk turun ke jalanan
merupakan sebuah gaya hidup.
Namun bagi sebagian masyarakat,
menjadi ancaman karena
dikhawatirkan menimbulkan
permasalahan yang meresahkan.

 

"Dalam hal ini, Dinas Sosial harus bekerja lebih aktif karena anak punk yang dimaksud meresahkan itu, apakah anak punk asal Tasikmalaya atau dari daerah lain, dan berapa persen anak punk asal Tasikmalaya?" ujarnya.

Dinas Sosial juga, kata Bode, sebaiknya memberikan tindakan kepada anak-anak punk yang meresahkan dengan pendekatan, dan mengambil solusi yang lebih baik dalam penanganannya.

"Apakah ada pakar sosial di Kota Tasikmalaya yang sudah meneliti latar belakang anak punk betah di dunia punk? Apakah karena kesenangan, ideologis, atau hanya tidak mempunyai ruang untuk berekspresi?," katanya.

 

 

Koropak.co.id - Anak Punk Mesti Diberikan Fasilitas Guna Menunjang Kreativitas (2)

 

Baca : Buat Cemas! Anak Punk Miliki Prinsip Siap Mati Siap Hamil

 

Pemerintah, ucap Bode, mempunyai kewajiban dalam memfasilitasi anak punk sesuai dengan keinginannya. Pemerintah harus mampu mengajak anak punk membuat karya.

"Jika fasilitas yang diberikan oleh pemerintah sesuai dengan keinginan mereka, maka bukan hal yang mustahil jika anak punk dapat berkarya. Jadi, menurut hemat kami, anak punk yang hidup di jalan dan melakukan perbuatan yang meresahkan, dilakukan oleh oknum-oknum saja," katanya.

 

Jika fasilitas oleh pemerintah
sesuai dengan keinginan mereka,
maka bukan hal yang mustahil
jika anak punk dapat berkarya.
Jadi, anak punk yang melakukan
perbuatan yang meresahkan,
dilakukan oleh oknum saja.

 

Bode berharap anak punk di Tasikmalaya dapat memiliki kekhasan tersendiri. Anak punk harus mampu menciptakan karya yang dapat dinikmati oleh semua kalangan. Pemerintah diharap lakukan pendekatan kepada anak punk kemudian menjuruskan ke arah yang positif dan produktif sehingga anak punk dapat tumbuh menjadi seorang pribadi yang kreatif dan produktif.*

 

Baca : Anak Punk Antara Ideologi dan Gaya Hidup

Lihat : Lensa Koropak, Kupas Tuntas Sebuah Fenomena


Berita Terkait