Desa Padawaras Mulai Pemasangan Label Warga Pra Sejahtera

Minggu, 09 Februari 2020 23:15 D. Farhan Kamil Desa

Desa Padawaras Mulai Pemasangan Label Warga Pra Sejahtera

 

Koropak.co.id - Menyusul instruksi Direktur Penanganan Fakir Miskin Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementrian Sosial RI, tentang labelisasi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bantuan sosial, Pemerintah Desa Padawaras mulai melakukan pemasangan stiker atau label di masing-masng rumah kelurga miskin, dengan tulisan Keluarga Pra Sejahtera.

"Kami sangat menyambut instruksi tersebut sehingga bantuan sosial dari pemerintah pusat menjadi lebih akurat dan tepat sasaran. Disamping itu juga masyarakat akan lebih mudah mengawasi apakah si penerima bantuan itu masih layak atau tidak," kata Kepala Desa Padawaras Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Yayan Siswandi, SE, Minggu (9/2/2020).

 

Baca : Sosialisasi PKH di Tasikmalaya Kian Efektif Saat Validasi Calon KPM

 

Dengan pemasangan stiker tersebut, pada akhirnya bakal memunculkan sanksi sosial di masyarakat jika KPM sudah tidak layak menerima, namun masih menerima bantuan dan rela rumahnya dilabeli keluarga pra sejahtera.

Diakuinya, bersama Pendamping PKH (Program Keluarga Harapan) Cipatujah, pihaknya telah memasang stiker/label di tiga rumah warga. "itu baru simbolis saja. Mulai Senin besok, pemasangan stiker/label akan dilakukan secara menyeluruh ke 177 KPM di Desa Padawaras.

"Tahun ini tercatat 177 KPM. Akhir tahun 2019 masih di angka 180 namun 3 KPM mengundurkan diri karena memang sudah tidak layak menerima bantuan sosial pemerintah. Masyarakat kami sangat mendukung kebijakan pemerintahan Jokowi dengan adanya pemasangan stiker tersebut," ujar Yayan.

Pada intinya, warga Desa Padawaras sangat antusias dengan seluruh program bantuan yang digulirkan oleh pemerintah, baik pusat maupun daerah. "Yang penting jelas dan tepat sasaran dalam pendistribusiannya," ucapnya.*

 

Baca : PKH Kota Tasikmalaya Kejar Target 10 Persen KPM Graduasi Mandiri