Soal Penjaringan Balon Bupati, PKB Tunggu Instruksi DPP

Selasa, 11 Februari 2020 09:27 D. Farhan Kamil Pilkada

Soal Penjaringan Balon Bupati, PKB Tunggu Instruksi DPP


Koropak.co.id - Meskipun sejumlah partai politik di Kabupaten Tasikmalaya telah melakukan penjaringan bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati menjelang Pilkada serentak 2020, namun DPC PKB sebagai partai terbesar kedua pada Pileg 2019 lalu, hingga saat ini belum melakukan penjaringan.

"DPC PKB belum membuka pendaftaran untuk balon bupati dan wakil bupati. Kami masih menunggu arahan DPP PKB," kata Ketua DPC PKB Kabupaten Tasikmalaya, H. Haris Sanjaya, seusai menggelar konsolidasi penataan struktur Dewan Pengurus Anak Cabang (DPAC) PKB se-Kabupaten Tasikmalaya di Aula Kampus STIE Cipasung, Senin (10/2/2020).

Menurut Haris, sesuai peraturan partai nomor 2 tahun 2019, seluruh DPC PKB di daerah yang akan menggelar Pilkada serentak dibagi menjadi tiga kategori. Pertama adalah DPC yang diperintahkan oleh DPP untuk melakukan penjaringan/pendaftaran balon bupati dan wakil bupati selama tujuh hari.

Kategori kedua adalah DPC yang sudah diperintahkan membuka penjaringan, namun tidak melakukannya, maka proses pendaftaran balon akan diambil alih langsung oleh DPP PKB.

Kategori terakhir adalah, DPC PKB yang tidak melakukan penjaringan atau pendaftaran balon Bupati dan Wakil Bupati, karena telah mengantongi hasil konsolidasi melalui konsultasi dan koordinasi dengan DPW dan DPP.

"Kaitan ketiga kategori tersebut, kami pengurus DPC PKB Kabupaten Tasikmalaya, masih menunggu mekanisme apa yang akan diambil. Apakah kami akan diperintahkan untuk melakukan penjaringan, atau diajak konsultasi sehingga tidak membuka pendaftaran. Yang jelas, kalau ada perintah untuk membuka penjaringan, ya kami sudah siap," tuturnya.

 

Koropak.co.id - Soal Penjaringan Balon Bupati, PKB Tunggu Instruksi DPP (1)

 

Tentunya, ucap Haris, sangat diharapkan DPP memerintahkan untuk membuka pendaftaran. Hal itu sebagai salah satu cara membangun komunikasi sejak awal antara balon yang akan mendaftatkan diri ke DPC.

Menurut Haris, sampai hari ini, tiga kriteria tersebut belum memastikan balon. Harapan DPC PKB, bagian konsolidasi di daerah akan melaksanakan penjaringan dan pendaftaran sehingga komunikasi antar calon yang mau mendaftar dengan DPC terbangun.

Sementara itu, Wakil Ketua DPW Kabupaten Tasikmalaya, H. Oleh Soleh mengatakan, sesuai amanat Muktamar PKB di Bali, dalam kaitannya dengan Pilkada serentak 2020 khususnya di Kabupaten Tasikmalaya ini, PKB harus terdepan dan memimpin dengan target Z1.

Ditanya soal kemungkinan maju di Pilkada Kabupaten Tasikmalaya, Oleh menegaskan, dirinya memilih fokus di DPRD Jawa Barat. "Nama-nama yang muncul saat ini sudah santer terdengar seperti KH Acep Adang, Haris Sanjaya, Iip Miptahul Paoz dan KH Atam Rustam termasuk saya sendiri, semua belum mengkerucut. Bagi saya Insyaallah 100 persen fokus untuk Jawa Barat," tuturnya.*

 

Baca pula : PKB Kabupaten Tasikmalaya Gelar Konsolidasi Penataan Struktur DPAC


Berita Terkait