Jasa Marga Mulai Kaji Penyusunan Amdal Titik Ruas Jalan Tol

Selasa, 11 Februari 2020 21:27 D. Farhan Kamil Daerah

Jasa Marga Mulai Kaji Penyusunan Amdal Titik Ruas Jalan Tol

 

Koropak.co.id - Ketua Tim Konsultan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal), Lutfi Hadinata menyebutkan jika konsultasi publik yang digelar PT Jasa Marga, Selasa (11/2/2020) merupakan tahap awal kajian penyusunan Amdal trase jalan tol ruas Gedebage - Tasikmalaya - Cilacap.

"Ini tahap awal membangun Amdal. Kami akan melakukan road show di dua provinsi di 8 kota/kabupaten yang terlintasi rencana pembangunan jalan tol yang sudah ditetapkan sepanjang 206 kilometer tersebut," kata Lutfi.

Hingga saat ini, ucap Lutfi, pihaknya baru melakukan konsultasi publik di beberapa kota/kabupaten seperti Cilacap, Pangandaran, Ciamis dan Kabupaten Tasikmalaya.

"Besok, Rabu (12/2/2020) rencananya ke Kota Tasikmalaya, Cineam, Garut, Kabupaten Bandung dan Kota Bandung," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Jasa Marga Mulai Kaji Penyusunan Amdal Titik Ruas Jalan Tol (2)

 

Lutfi mengakui, sejauh ini masyarakat masih kebingungan mengenai trase jalan tol, terutama soal titik-titik lintasan. Mereka khawatir dampak negatif yang timbul termasuk pesoalan tenaga kerja nantinya.

"Hal itu memang biasa muncul dan pihaknya terus menampung serta mencatat segala masukan-masukan untuk dibahas lebih lanjut di tataran tim teknis di Kementrian Lingkungan Hidup," tuturnya.

Ditambahkan Lutfi, meskipun sudah ada titik lokasi trase jalan tol, namun pihaknya belum bisa mempublikasikan untuk mengantisipasi munculnya permasalahan baru seperti spekulan atau broker tanah.*

 

Baca : Warga Mulai Resah, Minta Kejelasan Titik Ruas Jalan tol


Berita Terkait