BPBD Tegaskan Kewaspadaan Terhadap Bencana Alam

Rabu, 12 Februari 2020 11:36 Dede Hadiyana Daerah

BPBD Tegaskan Kewaspadaan Terhadap Bencana Alam

 

Koropak.co.id - Upaya untuk mempersiapkan kesiapsiagaan bencana alam, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya mengadakan Rapat Koordinasi di Aula Kantor BPBD Jalan Perintis Kemerdekaan KM 6 Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya, Selasa (11/2/2020).

Wakil Walikota Tasikmalaya Drs. H. M. Yusuf mengatakan rakor yang digelar sebagai upaya menggalang kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana di musim penghujan.

"Dalam menghadapi bencana, tidak hanya BPBD yang harus siap siaga, tapi seluruh komponen dari masyarakat, TNI, dan Polri harus bersiap menghadapi bencana," kata Yusuf.

Ditambahkan Yusuf, rakor tersebut diharapkan dapat menjadi dorongan bagi BPBD untuk merapihkan hal-hal yang dianggap berpotensi menyebabkan bencana, seperti salah satu contohnya menebang pohon yang berisiko tumbang akibat angin kencang.

"Kita lihat beberapa daerah rawan dengan pohon tumbang sehingga jangan sampai terjadi kembali korban akibat pohon yang tua roboh. Tentunya langkah ini harus dikoordinasikan dengan dinas terkait agar tidak terkesan sembarangan menebang," ujarnya.

 

Koropak.co.id - BPBD Tegaskan Kewaspadaan Terhadap Bencana Alam (1)

 

Baca : BPBD Kota Tasikmalaya Edukasi Kebencanaan Bagi Siswa

Kepala Pelaksana BPBD Kota Tasikmalaya Ucu Anwar mengatakan sangat penting untuk menyampaikan informasi kebencanaan melalui media massa sehingga masyarakat bersiap menghadapi bencana.

"Dalam kesiapsiagaan bencana, kami telah menyusun grup-grup yang bersinergis, serta melaksanakan mapping daerah-daerah rawan bencana. Jadi kita mendapatkan data kapan akan terjadi hujan dengan intensitas tinggi, serta data dari daerah-daerah yang rawan bencana," ujarnya.

Dikatakan Ucu, daerah yang rawan longsor meliputi daerah-daerah di Kawalu dan Tamansari. Untuk genangan air berada di daerah Indihiang, Cipedes, Tawang dan Cihideung. Sedangkan untuk pohon tumbang berada di semua kawasan yang memiliki pohon tinggi.

"Dalam pemantauan kita memiliki tim pengawas bencana sehingga ketika ada bencana tim tersebut akan memberikan informasi kepada masyarakat. Sedangkan bagi masyarakat yang menemukan potensi bencana, atau membutuhkan informasi kebencanaan, bisa menghubungi kami di call center 0811-210-1113" ujarnya.*

 

Baca pula : BPBD Kota Tasikmalaya Gelar Apel Kesiapsiagaan


Berita Terkait