Ada Sampah Menumpuk, Hubungi Saja Call Center Jemput Sampah

Kamis, 13 Februari 2020 13:00 D. Farhan Kamil Daerah

Ada Sampah Menumpuk, Hubungi Saja Call Center Jemput Sampah


Koropak.co.id - Pada 21 Februari 2020 nanti, diperingati hari sampah. Momentum tersebut akan dimanfaatkan Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Tasikmalaya untuk melaunching Unit Gawat Darurat (UGD) sampah.

Pemkab Tasikmalaya melalui Dinas LH juga telah menyiapkan beberapa terobosan pengelolaan sampah di tahun 2020 ini. Hal itu untuk meminimalisasi penumpukan sampah yang kerap terjadi dibeberapa titik di Kabupaten Tasikmalaya khususnya di wilayah ibu kota kabupaten.

Kepada Koropak, Rabu (12/2/2020) Sekretaris Dinas LH Kabupagen Tasikmalaya dr. Faisal Soeparyanto menyebutkan, ada tiga program prioritas yang sudah disiapkan untuk menangani persoalan sampah yang terus bertambah. Salah satunya adalah UGD Sampah.

"Jika nanti ada tumpukan sampah yang belum terangkut, masyarakat bisa menelepon call canter. Ambulans sampah berupa truk datang ke lokasi untuk pengangkutan," kata Faisal.

 

Koropak.co.id - Ada Sampah Menumpuk, Hubungi Saja Call Center Jemput Sampah

 

Program lainnya, kata Faisal, berupa penambahan jadwal pengangkutan. Jadwalnya, untuk wilayah Singaparna yakni dari Alun-alun hingga perempatan muktamar sejauh lebih kurang 3 Km dilakukan pengangkutan setiap hari. Awalnya hanya dua kali dalam seminggu.

"Khusus untuk wilayah ibu kota, yakni Singaparna, yang biasanya hari Senin dan Kamis saja pengangkutannya, nantinya akan dijadwalkan setiap hari," ujarnya.

Untuk menunjang keterlaksanaan program tersebut, kata Faisal, pemerintah menyiapkan enam armada, yang sebelumnya hanya dua armada.

"Tahun ini kami mendapatkan alokasi anggaran untuk pengadaan empat mobil pengangkutan sampah, yang salah satunya disiapkan untuk ambulan sampah yang disiagakan 24 jam," ucapnya.*

 

Baca : Persoalan Sampah Bikin Berat Bagi Kabupaten Tasikmalaya Melangkah Maju