Sukses Menyulap Bukit, Desa Wakap Dongkrak PADes

Sabtu, 15 Februari 2020 14:43 D. Farhan Kamil Desa

Sukses Menyulap Bukit, Desa Wakap Dongkrak PADes


Koropak.co.id - Sukses menyulap bukit terjal "Sicareuh" menjadi arena balap motor, dan belum lama ini dijadikan tempat ajang kejuaraan daerah (kejurda) Open Grass Track dan Minimoto pada 11 dan 12 Januari 2020, tak jauh dari lokasi sirkuit, Pemerintah Desa Wakap Kecamatan Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya, kini ngabret merampungkan proyek pembangunan kolam renang di atas bukit dengan sentuhan modern, namun tetap mengusung konsep kolam renang asri nan alami.

"Saat ini progresnya baru mencapai 40 persen. Kami bangun sejak dua bulan lalu dan ditargetkan pada awal April 2020 nanti atau sebelum bulan Ramadan, kolam renang sudah selesai. Kami juga menargetkan penyelesaian pembangunan lahan parkir yang berlokasi di bawah kolam renang, selesai sebelum Idul Fitri. Sehingga pada bulan Syawal sudah dapat digunakan," kata Ketua BPD Desa Wakap, Drs. Enjang Bahrul Hayat kepada Koropak, Sabtu (15/2/2020).

Tidak sampai di situ, sejalan dengan visi misi Kepala Desa Wakap Nina Diana, yakni Desa Wakap sebagai desa pariwisata, Pemdes Wakap bakal menyulap sebuah sungai yang selama ini digunakan tempat pemancingan warga, menjadi arena wisata pemandian warga dan wisatawan.

"Namanya Sungai Cileuwimangu. Di situ ada satu titik dengan lebar sekitar 38 meter, pas untuk kegiatan wisata air dengan dukungan debit air yang melimpah. Kami tinggal menata bibir sungai dengan sentuhan yang menarik, sehingga menjadi area yang memanjakan dan membuat nyaman para pengunjung," ujarnya.

Lokasi yang berdekatan antara arena sirkuit Sicareuh seluas 4 hektare dari total 8 hektare, kolam renang dan Sileuwimangu, memiliki daya tarik bagi masyarakat atau pengunjung, untuk menyaksikan keindahan pemandangan dan menikmati sentuhan alam dalam rangka tadabbur alam dan syukur kepada Sang Pencipta.

 

Koropak.co.id - Sukses Menyulap Bukit, Desa Wakap Dongkrak PADes (2)

 

Baca : Dongkrak PAD Dorong Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Tasikmalaya

Menurut Enjang, kegiatan pembangunan sirkuit, kolam renang serta rencana penataan sungai Cileuwimangu, merupakan terobosan Pemdes Wakap untuk mendongkrak Pendapatan Asli Desa (PADes) melalui BUMDes yang selama ini menjadi aset besar untuk membangun kehidupan masyarakat lebih maju dan sejahtera. Seluas 32 hektare tanah desa memiliki potensi ekonomi luar biasa jika mulai dimanfaatkan untuk kepentingan PADes.

"Alhamdulillah sejauh ini setiap rencana pembangunan di desa kami tidak terkendala. Semua elemen masyarakat termasuk karang taruna bahkan mantan Kades kami selama dua periode yang kini jadi anggota Komisi III DPRD Kabupaten Tasikmalaya, H. Haris Somantri, menjadi mentor sekaligus pendukung kuat demi kemajuan desa ini," tuturnya.

Lebih lanjut Enjang menuturkan, sejauh ini Pemdes Wakap mengandalkan PADesa dari usaha Bundes yang berkolaborasi dengan pabrik tembakau lokal.

Meskipun baru sekitar satu tahun, namun penghasilan dari Bumdes ini sudah dirasakan manfaatnya bagi kepentingan Pemdes dan masyarakat.

"Melalui usaha Bumdes ini, ke depan kami berharap dapat membantu RTLH bagi mereka yang tidak tersentuh progrsm Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) pemerintah pusat. Mohon doanya dari seluruh masyarakat Desa Wakap dan umumnya dari masyarakat Kabupaten Tasikmalaya. Kami optimistis Desa Wakap beserta masyarakat akan lebih maju ke depan," ucapnya.*

 

Baca pula : Desa Padawaras Mulai Pemasangan Label Warga Pra Sejahtera


Berita Terkait