Raperda P4GN dan Prekusor Narkotika, Komitmen Berantas Narkotika

Selasa, 18 Februari 2020 08:16 Clara Aditia Parlemen

Raperda P4GN dan Prekusor Narkotika, Komitmen Berantas Narkotika


Koropak.co.id - Walikota Tasikmalaya, Drs. H. Budi Budiman menuturkan dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) tahun 2020, Rancangan Perda tentang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dan Prekusor Narkotika berada di urutan ketiga.

Namun untuk merespons kebutuhan akan payung hukum yang dapat melindungi masyarakat dari peredaran gelap dan penyalahgunaan narkotika, maka Raperda tersebut diusulkan menjadi Raperda prioritas yang disetujui Bapemperda.

"Sesungguhnya narkotika merupakan obat yang dibutuhkan untuk mengobati jenis penyakit tertentu. Hanya saja apabila disalahgunakan dapat menimbulkan kerugian," kata Walikota saat dijumpai Koropak selepas Rapat Paripurna, Senin (17/2/2022).

 

 

Koropak.co.id - Raperda P4GN dan Prekusor Narkotika, Komitmen Berantas Narkotika (2)

 

Baca : Miris! Peredaran Barang Haram Narkotika Tumbuh di Kota Santri

 

Saat ini, kata Walikota, peredaran gelap narkotika justru menunjukan peningkatan. Bahkan korbannya terus meluas. Jelas, ini sangat memprihatinkan dan menjadi perhatian serius Pemerintah Kota Tasikmalaya. Oleh sebab itu melalui Raperda P4GN dan Prekusor Narkotika, pemerintah berupaya melindungi masyarakat Kota Tasikmalaya dari bahayanya narkotika.

"Dalam substansi raperda tersebut, pencegahan dilaksanakan melalui kegiatan pendataan dan pemetaan potensi, perencanaan pencegahan, pembangunan sistem informasi dan komunikasi, serta pelaksanaan sosialisasi dan edukasi," katanya.

Antsipasi dini, ucap Walikota, dilakukan melalui tes urine, pengawasan tempat umum, serta pemberantasan oleh lembaga berwenang. Pemerintah hanya memfasilitasi lembaga berwenang untuk dapat melakukan upaya pencegahan dan pemberantasan narkotika.

"Secara kelembagaan, guna mengoptimalkan upaya pencegahan dan pemberantasan narkotika dibentuk tim terpadu di tingkat Kota Tasikmalaya dan di tingkat kecamatan," katanya.*

 

Lihat : BNN Bongkar Praktik Pabrik Narkoba Berkedok Pabrik Sumpit