Demi Santri, Pemkab Tasikmalaya Bakal Luncurkan Kartu Sakti

Selasa, 18 Februari 2020 19:31 D. Farhan Kamil Daerah

Demi Santri, Pemkab Tasikmalaya Bakal Luncurkan Kartu Sakti

 

Koropak.co.id - Berbanggalah bagi para orang tua yang memiliki anak-anak yang berstatus sebagai santri. Sebab Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya berencana akan meluncurkan kartu sakti, kartu multi fungsi dan multi manfaat.

"Namanya kartu santri. Ini baru wacana dimana setiap santri di Kabupaten Tasikmalaya mendapat kartu santri. Bukan sekedar identitas sebagai santri, dengan kartu santri yang berkooperasi dengan perusahaan atau perbankan ini, para santri akan mendapat berbagai kemudahan dan multi guna. Mulai akses literasi, ATM, E-Money dan kepraktisan lainya," kata Bupati Tasikmalaya, H. Ade Sugianto kepada Koropak, Selasa (18/2 /2020).

Di samping itu, pihaknya sangat berkeinginan dimana kartu santri itu juga berfungsi memudahkan santri mengakses pelayanan kesehatan.

"Apa yang saya inginkan adalah dimanapun santri itu berada, dengan menunjukan kartu santri mereka mendapat fasiltas pelayanan kesehatan saat sakit dan harus dirawat," ujarnya.

 

Baca : Sekda Kabupaten Tasikmalaya Sampaikan Program Prioritas

Hal yang dibutuhkan untuk mematangkan wacana tersebut lanjut Bupati, yang utama adalah data santri. Maka pemerintah saat ini melakukan diskusi-diskusi untuk menemukan cara tepat mendata seluruh santri yang ada di Kabupaten Tasikmalaya.

"Ya kita terus berdiskusi untuk mematangkan wacana kartu santri dengan dimulai dari pendataan santri," ucapnya.

Di samping wacana kartu santri, pemerintan saat ini juga berharap bisa menjamin kesehatan seluruh anggota keluarga yang di dalamnya terdapat hafid atau hafidzah Al Quran.

 

Baca : Bupati Akui Tanpa Kader Posyandu Tasikmalaya Pincang

 

"Dengan cara seperti ini, saya kira dapat mendongkrak minat orang tua untuk membangun anak-anaknya hafal Al Quran dan menjadi trend di masyarakat Kabupaten Tasikmalaya. Kita tidak hanya ingin membangun minat tetapi juga bagaimana memelihara dan menghargai para penghafal Al Quran di masyarakat," tuturnya.

Untuk itu, pihaknya sedang mematangkan perencanaan dan kajian-kajian untuk mewujudkan keinginan tersebut.

"Bangsa yang baik di masa depan, tergantung kita bagaimana membangun generasi bangsanya hari ini. Kita inginkan hari esok diisi oleh generasi Qurani saat ini," katanya.*

 

Baca pula : PDI Perjuangan Cari Bibit Hafidz Hafidzah Kabupaten Tasikmalaya