Fraksi PKS Soroti Narkotika dan Implementasi Tata Nilai Kehidupan

Selasa, 18 Februari 2020 19:52 Clara Aditia Parlemen

Fraksi PKS Soroti Narkotika dan Implementasi Tata Nilai Kehidupan


Koropak.co.id - Usulan Rancangan Perda tentang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dan Prekusor Narkotika mendapat masukan dari Fraksi PKS DPRD Kota Tasikmalaya dalam Rapat Paripurna penyampaian pandangan fraksi, Selasa (18/2/2020).

Ketua Fraksi PKS, Dede, S.IP menuturkan Raperda P4GN merupakan salah satu upaya untuk mengoptimalkan implementasi tata nilai kehidupan dan peningkatan mutu SDM sesuai dengan isu strategis pembangunan Kota Tasikmalaya yang menjadi prioritas pertama.

"Diperlukan komitmen bersama, sejak mulai pengusulan, pembahasan, penetapan sampai pelaksanaan atau implementasinya secara konsisten. Karena di balik perda ini, ada konsekuensi yang harus kita siapkan, mulai dari anggaran, SDM, dan sarana prasarana," katanya.

Dijelaskan Dede, urgensi perda tersebut mengingat permasalahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, psikotropika dan bahan adiktif lainnya baik di tingkat global, regional dan nasional, telah menjadi kejahatan luar biasa yang terus mengancam dan merusak sendi-sendi kehidupan manusia, berbangsa dan bernegara. Tak terkecuali kawula muda yang bakal menjadi penerus bangsa.

"Penyalahgunaan narkoba dari tahun ke tahun semakin meningkat. Hampir setiap hari kita mendengarkan berita tentang penangkapan para pelaku penyalahgunaan narkoba oleh aparat BNN maupun pihak Polri. Bahkan, kasusnya merata hampir di semua daerah di Indonesia," katanya.

 

Koropak.co.id - Fraksi PKS Soroti Narkotika dan Implementasi Tata Nilai Kehidupan (2)

 

Baca : Raperda Pengembangan UMKM, Komitmen Penguatan Ekonomi Kerakyatan

 

Dalam Permendagri Nomor 12 Tahun 2019 tentang Fasilitasi P4GN dan Prekursor Narkotika, kata Dede, pemerintah daerah mempunyai kewajiban yang besar dalam upaya memerangi narkotika.

"Permendagri tersebut mengamanatkan kepada para Menteri, Gubernur dan Bupati atau Walikota untuk menyusun dan melaksanakan rencana aksi pencegahan, pemberdayaan masyarakat, rehabilitasi dan pemberantasan narkoba," katanya.

Oleh sebab itu, ucap Dede, diusulkannya Raperda tentang P4GN dan Prekusor Narkotika tersebut menjadi upaya Pemkot Tasikmalaya dalam mengimplementasikan aksi pencegahan, pemberdayaan masyarakat, rehabilitasi dan pemberantasan narkoba.*

 

Baca pula : Miris! Peredaran Barang Haram Narkotika Tumbuh di Kota Santri

 


Berita Terkait