TNI dan Warga Evakuasi Material Longsoran Tebing Sungai

Rabu, 19 Februari 2020 07:26 D. Farhan Kamil Desa

TNI dan Warga Evakuasi Material Longsoran Tebing Sungai

 

Koropak.co.id - Tim gabungan BPBD Kabupaten Tasikmalaya dan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Cisayong, melakukan kegiatan gotong royong penanggulangan bencana tanah longsor di saluran sungai Cibanyuwangi, Kampung Dawuan Desa Santanamekar, Kecamatan Cisayong Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (18/2/2020).

Hal itu dilakukan setelah sehari sebelumnya, sungai yang mengaliri hektaran sawah di enam desa tersebut, tertimbun material tanah longsor yang terjadi pada Senin (17/2/2020) sekitar jam 04.00, akibat Hujan deras di kawasan tanah labil di sekitar tebing Cibanyuwangi.

Dalam kegiatan gotong royong tersebut, dihadiri oleh Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tasikmalaya, H. Nurdin Adidin SIP, Camat Cisayong, Yayat Supriyatna, Danramil Cisayong, Kapten inf Handriyono S.Pd, Kapolsek Cisayong, AKP Gunarto, Kasi Trantib Kecamatan Cisayong, Agus Suryaman, Kepala Desa Cisayong, Yudi Cahyadin, Kepala Desa Santanamekar, Ade Saefudin dan sejumlah anggota relawan bencana serta petugas PLN dan PUTRPP Kabupaten Tasikmalaya.

 


Sukaresik Tasikmalaya Diterjang Banjir Bandang Rendam Persawahan


"Dengan menggunakan peralatan sederhana, kami Muspika Cisayong bersama BPBD Kabupaten Tasikmalaya mengevakuasi material tanah longsoran dari saluran sungai Cibanyuwangi. Sungai ini sangat vital karena mengairi area persawahan warga di sekitar enam desa," kata Danramil 1207/Cisayong Kapten Inf Handriyono, Sip.

Menurutnya, pembersihan material tanah longsor baru dapat dikerjakan sekitar 20 persen. "Rencananya proses evakuasi ini akan dilanjutkan hari ini secara gotong royong. Untuk mempercepat proses evakuasi material tanah ini, direncanakan akan mendatangkan alat berat berupa backhoe ukuran kecil," ujarnya.*

 

Antisipasi Angin Kencang Dua Pohon Tua Berhasil Ditumbangkan


Berita Terkait