Pasangan Cekas Serahkan Berkas Dukungan Ke KPU Tasikmalaya

Rabu, 19 Februari 2020 20:04 D. Farhan Kamil Pilkada

Pasangan Cekas Serahkan Berkas Dukungan Ke KPU Tasikmalaya


Koropak.co.id - Pasangan calon bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan, H. Cep Zamzam Zulfikar Nur dan H. Padil Karsoma (Cekas), menyerahkan berkas bukti dukungan ke kantor KPU Kabupaten Tasikmalaya, Jalan Raya timur Cipakat, Singaparna, Rabu (19/2/2020).

Diiringi ratusan masa pendukung, dengan mengenakan seragam pakaian hitam putih, pasangan Cep Zamzam dan Padil Karsoma di dampingi Ketua Tim Pemenangan Cekas, Dr. H. Tatang Farhanul Hakim (TFH) ini, menyerahkan berkas dukungan yang diangkut dengan mobil box, secara simbolis kepada Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, Zamzam Zamaludin didampingi jajaran komisioner KPU disaksikan Bawaslu dan sejumlah petugas dari Polres Tasikmalaya dan Kodim 0612/Tasikmalaya.

"Seiring dengan telah dibukanya jadwal penyerahan dukungan bakal calon perseorangan untuk Pilkada 2020 mulai hari ini hingga 23 Februari 2020, kami langsung mendatangi KPU untuk menyerahkan berkas dukungan. Hal ini sebagai bentuk keseriusan kami maju dalam Pilkada 2020," kata Cep Zamzam.

Dari jumlah syarat dukungan minimal 88.820 suara dukungan, atau 6,5 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada sebelumnya, pasangan Cekas ini mengklaim telah membawa dan menyerahkan sebanyak 118.500 berkas syarat dukungan untuk kemudian diverifikasi KPU. Seluruh dukungan ini diperoleh dari masyarakat yang tersebar di 39 kecamatan se-Kabupaten Tasikmalaya.

"Dukungan ini kami peroleh dari masyarakat yang tersebar di seluruh kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Tasikmalaya. Atau sebanyak 39 kecamatan, dalam artian 100 persen," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Pasangan Cekas Serahkan Berkas Dukungan Ke KPU Tasikmalaya

 

Ia mengaku, pada Pilkada 2020 kali ini sangat berbeda jauh dari pilkada sebelumnya. Dimana calon perseorangan harus mengumpulkan syarat dukungan minimalnya 6,5 persen dari jumlah pemegang hak pilih.

Artinya, aturannya lebih ketat dan dipandang cukup baik untuk melahirkan calon pemimpin yang benar-benar hebat dan berkualitas, berangkat dari dukungan masyarakat.

 

Baca : KPU Kabupaten Tasikmalaya Lakukan Supervisi Ke Pasangan Cekas

 

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, Zamzam Zamaludin mengatakan, seluruh berkas syarat dukungan (B.1.KWK) yang berisi foto copy KTP-el warga, identitas dan pernyataan dukungan yang ditandatangani warga di setiap desa, akan dihitung secara bersama-sama oleh petugas KPU, tim Cekas dan Bawaslu.

Setelah dinyatakan memenuhi jumlah minimal dukungan sebanyak 88.820 suara dukungan, kemudian diverifikasi administrasi dan terkahir masuk tahapan verifikasi faktual di tingkat PPS.

"Sesuai laporan rekan-rekan operator, berkas surat dukungan untuk pasangan Cekas ini sudah memenuhi jumlah minimal syarat calon perseorangan. Kami akan melaksanakan tahapan berikutnya terkait surat dukungan ini untuk kurang lebih selama satu bulan ke depan," kata Zamzam.*

 

Baca pula : Pilkada Tasikmalaya Satu Paslon Perseorangan Belum Input Data