Program Penanganan Dimulai, Delapan Anak Punk Terjaring Razia

Rabu, 19 Februari 2020 20:42 Erni Nur'aeni Daerah

Program Penanganan Dimulai, Delapan Anak Punk Terjaring Razia

 

Koropak.co.id - Sebanyak 34 orang gelandangan dan pengemis (gepeng) serta anak punk berhasil dijaring dalam razia petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tasikmalaya pada Rabu (19/2/2020). Kegiatan razia kali ini juga menandai dimulainya program Penanganan Anak Punk dari Tim Satgas yang digagas Kodim 0612/Tasikmalaya.

Setelah terjaring razia, mereka diberi arahan oleh Dinas Sosial Kota Tasikmalaya di Lembaga Konsultasi Kesehatan Keluarga (LK3) yang beralamat di Jalan Letjen H. Mashudi, Kota Tasikmalaya.

Danton II Satpol PP Sudur Herdiana menuturkan penjaringan tersebut menyisir daerah-daerah mulai dari mulai Mitra Batik, Cimulu, Alun-Alun, Kebon Tiwu, Masjid Agung, HZ Mustofa, Jalan Siliwangi dan berakhir di Cisumur.

"Dari 34 orang tersebut, terdapat sekitar 8 orang terdapat anak punk yang berhasil dijaring dari Simpang Jati. Kemudian kami bawa ke Dinas Sosial untuk diberikan pembinaan," ujarnya.

 

Dari 34 orang terjaring,
terdapat 8 orang terdapat anak punk
yang berhasil dijaring dari Simpang Jati

 

Dikatakan Sudur, meskipun yang dijaring kebanyakan orang-orang lama yang pernah terjaring, namun kemungkinan mereka belum sepenuhnya sadar hingga akhirnya kembali lagi ke jalan dan kembali terjaring razia. Sudur menegaskan akan melaksanakan tugas sesuai yang diperintahkan dalam penjaringan anak jalanan, gepeng, pengamen sampai anak punk.

"Kebanyakan yang kami bawa ke sini wajah-wajah lama yang turun lagi ke jalan. Semoga semakin sering mereka terjaring razia, semakin sering mereka dibina, semakin kapok mereka untuk tidak kembali ke jalan lagi. Sehingga mereka akan hijrah menjadi orang yang lebih baik lagi," ujarnya.

 

 Koropak.co.id - Program Penanganan Dimulai, Delapan Anak Punk Terjaring Razia (2)

 

 

Baca : Belum Ada Tindakan yang Bisa Sampai Ke Akar Permasalahan Anak Punk

 

Penjaringan gepeng dan anak punk ini juga merupakan langkah awal pelaksanaan program Penanganan Anak Punk oleh Tim Satgas yang diinisiasi Kodim 0612/Tasikmalaya dan didukung stakeholder di lingkup Pemerintah Kota dan Kabupaten Tasikmalaya.

 

Penjaringan gepeng dan
anak punk ini juga merupakan
langkah awal pelaksanaan
program Penanganan Anak Punk
oleh Tim Satgas

 

Program tersebut merupakan program pembinaan anak punk yang ada di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya. Direncanakan, anak punk yang masuk dalam target pembinaan berjumlah masing-masing 20 anak punk di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya.

Dalam program yang tercetus dari gagasan Forum Peduli Tasikmalaya tersebut, para anak punk yang akan dibina mulai dari pendidikan formal, wawasan kebangsaan, hingga keterampilan. Tujuan utamanya mengembalikan anak punk ke fitrahnya sebagai masyarakat agar dapat menjalani kehidupan normal, dan tidak kembali turun ke jalan.*

 

Baca pula : Implementasi Program Penanganan Anak Punk, Razia Mulai Digencarkan


Berita Terkait