Wujudkan Pemerintahan Dengan Keterbukaan Akses Informasi

Senin, 24 Februari 2020 22:59 Dede Hadiyana Daerah

Wujudkan Pemerintahan Dengan Keterbukaan Akses Informasi


Koropak.co.id - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrebang) tingkat sektoral Bidang Komunikasi dan Informatika Kota Tasikmalaya dilaksanakan di Hotel Crown Tasikmalaya, Senin (24/2/2020) bertujuan untuk meningkatkan perananan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tasikmalaya sebagai corong informasi masyarakat.

Kepada Koropak, Wakil Walikota Tasikmalaya Drs. H. M. Yusuf mengatakan Kominfo mesti jadi corong bagi masyarakat dalam rangka menyosialisasikan kegiatan-kegiatan di ranah pemerintahan yang mencakup seluruh instansi.

"Kominfo pun menjadi tulang punggung pemerintah dalam rangka penyampaian informasi, dalam rangka mewujudkan Tasik Berbudi atau berbudaya digital. Sehingga semua yang berkaitan dengan pembangunan di Pemkot Tasikmalaya dapat diinformasikan kepada masyarakat," ujarnya.

Kominfo, kata Yusuf, juga menjadi wali data sehingga semua akses informasi yang berkaitan dengan SKPD di Pemkot Tasikmalaya dapat terkumpul secara terpusat.

"Sebagai wali data, keberadaan Kominfo sangat penting. Bahkan jaringan internet yang berada di SKPD bermuara di Kominfo," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Wujudkan Pemerintahan Dengan Keterbukaan Akses Informasi (2)

 


Baca : Maman Darusman: Bisakah Pemerintah Transparan Dalam CSR?

 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tasikmalaya, H. Asep Maman Permana mengatakan saat ini Kominfo berupaya untuk meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan bersinergi berbasis keterbukaan informasi.

"Pesatnya perkembangan teknologi informasi dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang transparan dan akuntabel. Sasarannya, meningkatkan pelayanan publik berbasis teknologi informasi agar ada migrasi dari sistem informasi manual ke digital," katanya.

Dengan memanfaatkan teknologi, kata Asep, akses layanan publik di Kota Tasikmalaya dapat lebih optimal, tepat dan cepat.

"Kominfo juga mempunyai dua tujuan program dengan mewujudkan implementasi E-Government yang memiliki istilah Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang telah di-launching pada tahun 2018. Selanjutnya meningkatknya tata kelola dan kinerja perangkat daerah dengan sasaran meningkatnya akuntabilitas perangkat daerah," katanya.*

 

Baca pula : Transparansi Jadi Daya Tarik Salurkan CSR Lewat Program Pemerintah


Berita Terkait