Pemkot Tasikmalaya Pelajari Tata Kelola Sampah di Kota Batam

Selasa, 25 Februari 2020 19:51 Dede Hadiyana Daerah

Pemkot Tasikmalaya Pelajari Tata Kelola Sampah di Kota Batam


Koropak.co.id - Keberhasilan Pemerintah Kota Batam dalam pengelolaan sampah menjadi acuan bagi Pemerintah Kota Tasikmalaya melakukan Studi Komparasi terkait pengelolaan sampah ke Kota Batam tepatnya di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Telaga Punggur, Kota Batam, Selasa (25/2/2020).

Tim Studi Komparasi dipimpin langsung oleh Asisten Adminitrasi Perekonomian dan Pembangunan Kota Tasikmalaya Kuswa Wardana, SH., bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasikmalaya Dudi Mulyadi, dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tasikmalaya Drs. H. Asep Maman Permana, M.Si.

Kepada Koropak, Kepala Bidang Pengelolaan Persampahan Kota Tasikmalaya Iwan Setiawan mengatakan Perpres 97 Tahun 2017 yang ditindaklanjuti dengan Perwalkot Nomor 22 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga menjadi dasar bagi Dinas LH Kota Tasikmalaya untuk melaksanakan pengelolaan sampah di wilayah Kota Tasikmalaya.

"Target penanganan sampah di Kota Tasikmalaya mencapai 70 persen dan pengurangan sebesar 30 persen yang harus dicapai pada tahun 2025 mendatang. Agar umur TPA bisa lebih panjang, kita harus mengubah mindset masyarakat dalam pengelolaan sampah yang selama ini masih dengan pola tercampur," ujarnya.

Ditambahkan Iwan, pihaknya telah melakukan gerakan kebersihan di wilayah Kota Tasikmalaya, termasuk dengan edukasi tentang pengelolaan sampah, baik terhadap masyarakat umum maupun melalui sekolah-sekolah.

"Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, kita mengharapkan agar masyarakat dapat mengelola sampah di sumbernya dengan baik," katanya.

 

Koropak.co.id - Pemkot Tasikmalaya Pelajari Tata Kelola Sampah di Kota Batam

 

Baca : Inilah Satu-Satunya Kelurahan Inisiator Bank Sampah di Kota Tasikmalaya

 

Dipilihnya Kota Batam sebagai kota tujuan studi komparasi tentang pengelolaan sampah karena pengelolaan sampah di Kota Batam sangat luar biasa. Pun begitu dalam pemberdayaan masyarakat dengan adanya bank sampah.

Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam telah memberikan pelatihan-pelatihan kepada kader bank sampah hingga 300 kelompok dengan materi berupa teknik pengelolaan sampah, recycle atau daur ulang sampah, dan pembuatan kompos sehingga sampah bisa dikelola dari asal sumbernya, serta menghasilkan nilai ekonomis.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengurangan Sampah Kota Batam Rida Meliyana menuturkan Pemerintah Kota Batam sudah membangun 300 bank sampah yang tersebar di berbagai titik di Kota Batam.

"Kami juga berhasil mengumpulkan 35 Ton sampah plastik bernilai ekonomis setiap bulannya. Serta mengurangi jumlah pembuangan sampah sulit terurai di TPA Telaga Punggur," ucapnya.*

 

Baca pula : UGD Sampah Tingkatkan Mutu Tata Kelola Sampah di Kabupaten Tasikmalaya