Tak Harus "Riweuh" Warga Sakit Tinggal Hubungi Sigesit 119

Rabu, 26 Februari 2020 18:56 D. Farhan Kamil Daerah

Tak Harus

 

Koropak.co.id - Masyarakat Kabupaten Tasikmalaya patut berbangga dan menyambut gembira program layanan kedaruratan bidang kesehatan yang telah dilgelindingkan Pemkab Tasikmalaya, untuk mewujudkan masyarakat sehat dan berkualitas. Tinggal hubungi nomor cantik, pelayan kesehatan datang menangani masalah.

Rabu (26/2/2020), Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto meluncurkan layanan gawat darurat untuk masyarakat Kabupaten Tasikmalaya melalui program Sigesit 119 yang dikelola oleh Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk (DKPP) Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (26/2/2020).

"Kita memiliki 40 Puskesmas yang tersebar di 39 Kecamatan. Dalam program Sigesit 119 ini, kita tempatkan 4 mobil ambulan di 4 titik pusat pelayanan keselamatan terpadu/Public Safety Center yakni di wilayah Singaparna, Ciawi, Cikatomas, dan Cipatujah. Tiap titik mencakup 10 wilayah Puskesmas. Pada setiap Puskesmas dibentuk tim layad rawat dengan didukung satu unit ambulan motor," tutur Ade.

Sigesit 119 tambah Ade, merupakan call center bebas pulsa khusus pengguna operator seluler Telkomsel dan berbayar untuk operator lainnya. Melalui nomor itu, pasien hanya dituntut mengutarakan keluhan atau sakit yang dialaminya dan tim Sigesit 119 segera mengolah keluhan serta menindaklanjuti.

Kondisi kegawatdaruratan terang dia, terbagi dalam tiga triase yakni, triase hijau yaitu kondisi pasien tidak gawat tidak darurat, triase kuning yaitu kondisi pasien gawat tidak darurat dan terakhir triase merah untuk kondisi pasien gawat darurat dalam kondisi harus diprioritaskan untuk segera dijemput.

"Semua triase ditangani di tempat terlebih dahulu, Untuk triase hijau ditangani ditempat, triase kuning dirujuk ke fasilitas kesehatan terdekat dan triase merah dirujuk ke rumah sakit apabila puskesmas tidak mampu menangani," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Tak Harus Riweuh Warga Sakit Tinggal Hubungi Sigesit 119 (2)

 

Ditambahkan, Sigesit 119 memiliki lima orang dokter yang berfungsi sebagai konsulen untuk memberi konsultasi dan penanganan atau pertolongan pertama. Dibantu total 60 orang perawat yang terdiri dari wilayah Singaparna dengan 24 perawat dan di titik lainnya masing-masing 12 perawat dan didampingi oleh satu orang tenaga administrasi.

"Pelayanan Call Center Sigesit 119 siap siaga selama 24 jam. Pelayanan kedaruratan dapat di Tempat Kejadian Perkara (TKP) dengan syarat aman lokasi, aman pasien, dan aman petugas. Kedaruratan ini termasuk persalinan." paparnya.*

 

Baca pula : Polisi Pamong Praja Hadang Polisi Giring Bupati Tasikmalaya