Tiga Aspek Jadi Poin Penting Dalam Raperda Pengembangan Usaha Mikro

Senin, 02 Maret 2020 20:17 Clara Aditia Parlemen

Tiga Aspek Jadi Poin Penting Dalam Raperda Pengembangan Usaha Mikro

 

Koropak.co.id - Ketua Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya sekaligus anggota pansus, Andi Warsandi menuturkan sesuai Undang-Undang, usaha mikro merupakan kewenangan pemerintah daerah tingkat kabupaten atau kota. Oleh sebab itu, pemilihan judul Raperda Pengembangan Usaha Mikro merupakan pemilihan yang tepat sesuai kewenangan daerah.

Hal itu disampaikan Andi kepada Koropak selepas Rapat Pembahasan Raperda Pengembangan Usaha Mikro bersama Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Tasikmalaya, Senin (2/3/2020).

"Bersama Pansus, kami sepakat bahwa akan konsen ke usaha mikro sebagaimana kewenangan daerah. Maka judul yang kita sepakati adalah Raperda Pengembangan Usaha Mikro. Nantinya aspek pemberdayaan, perlindungan dan pengembangan usaha mikro akan mewarnai isi Raperda," kata Andi yang juga Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Kota Tasikmalaya.

Raperda, kata Andi, diharapkan dapat menjadi daya dorong usaha mikro untuk berdaya saing tinggi, terlebih usaha mikro merupakan salah satu pilar ekonomi kerakyatan.

"Usaha mikro tangguh, mandiri dan berdaya saing tinggi. Usaha mikro jadi pilar ekonomi masyarakat. Oleh sebab itu, diharapkan Raperda Pengembangan Usaha Mikro ini dapat benar-benar meningkatkan geliat perekonomian usaha mikro," katanya.

 

Koropak.co.id - Tiga Aspek Jadi Poin Penting Dalam Raperda Pengembangan Usaha Mikro (2)

 

Baca : Pembahasan Raperda Pengembangan UMKM Segera Digelar

 

Usaha mikro, ucap Andi, mempunyai kesempatan yang sama untuk berkembang. Terlebih kelak ada regulasi yang akan menjadi payung hukumnya yang menjadi keberpihakan pemerintah daerah terhadap usaha mikro.

"Tujuan akhirnya, kita harapkan usaha mikro dapat naik kelas jadi usaha kecil. Begitupun usaha kecil naik ke usaha menengah. Siklus selanjutnya lahir kembali usaha-usaha mikro yang baru," kata Andi.*

 

Baca : Fixed! Judul Raperda Terpilih Pengembangan Usaha Mikro


Berita Terkait