Razia, Polres Tasikmalaya Kota Amankan Sopir Dengan Kunci T

Jum'at, 06 Maret 2020 14:20 Eris Kuswara Daerah

Razia, Polres Tasikmalaya Kota Amankan Sopir Dengan Kunci T


Koropak.co.id - Video aksi penangkapan seorang pria oleh anggota Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tasikmalaya Kota mendadak viral di media sosial. Dalam video berdurasi 28 detik tersebut, seorang pria berkaos dalam putih dan kemaja berwarna abu diamankan petugas kepolisian.

Video tersebut dibenarkan Kepala Unit Turjawali Satlantas Polres Tasikmalaya Kota, Ipda Sony Alamsyah. Dikatakan Sony, pria berinisial AS (23) merupakan warga Girijaya Kecamatan Kersamanah, Kabupaten Garut. Saat melintas dan melihat razia di Jalan Ir H. Djuanda Kota Tasikmalaya, pada Kamis (5/3/2020), AS panik dan berusaha kabur ketika hendak dihentikan petugas.

"Saat itu, kami sedang menggelar razia rutin dan pas waktu kendaraan dihentikan, pelaku malah mau nabrak anggota dan seolah dia ingin kabur. Sehingga pada akhirnya kami paksa pengendara mobil itu berhenti ke pinggir jalan," kata Sony.

Ditambahkan Sony, setelah mobil Honda Mobilio dengan Nomor Polisi D 1154 WZ berada di tepi jalan, anggota langsung meminta pengendara mengeluarkan surat-surat kendaraannya seperti STNK dan SIM. Namun pengendara tersebut tidak bisa memperlihatkan keduanya dan hanya mampu memberikan surat tilang atau ompang yang dikeluarkan oleh Polsek Cihideung Kota Tasikmalaya.

"Pelaku tidak bisa menunjukan SIM dan STNK dan hanya menunjukan surat tilang saja. Oleh karena itu, kami pun langsung melakukan tindakan penggeledahan dikarenakan kami merasa curiga dengan gerak-geriknya," ucapnya.

 

Koropak.co.id - Razia Kendaraan Bermotor, Polres Tasikmalaya Kota Amankan Supir Dengan Kunci T (2)

 

Baca : Polisi Ringkus Dua Pelaku Curanmor Di Tasikmalaya

Saat petugas melakukan penggeledahan, dari dalam tas AS ditemukan kunci leter T yang biasa digunakan pelaku pencurian kendaraan. Bahkan anggota juga turut menemukan sejumlah uang yang diakui AS merupakan hasil menjual motor dan minuman keras.

"Pas kami melakukan penggeledahan, kami menemukan kunci T, uang dan minuman keras miras. Ketika kami tanya pelaku, diakuinya uang itu merupakan hasil penjualan sepeda motor. Sementara untuk kunci mobilnya memang asli, yang artinya belum rusak." ujarnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Tasikmalaya Kota, AKP Dadang S melalui Kanit III Reserse Umum Polres Tasikmalaya Kota, Ipda Pramono membenarkan adanya laporan dari Satlantas mengenai temuan kunci leter T. Pihaknya langsung melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk memastikan apakah kunci T dan mata astag telah digunakan untuk melakukan kejahatan atau tidak.

"Hasil pemeriksaan, pelaku ini merupakan residivis yang baru keluar dari LP Tasikmalaya dua minggu lalu atas kasus pencurian kendaraan bermotor roda dua di lima tempat kejadian perkara (TKP). Sementara status kendaraan yang digunakan AS dipastikan mobil sewaan," ujarnya.*


Baca pula : Polisi Temukan Kasus Curanmor Dan Pemalsuan STNK


Berita Terkait