Hujan Interupsi, Penandatanganan Kesepakatan Rancangan Awal RPJMD Ditunda!

Jum'at, 06 Maret 2020 18:03 Clara Aditia Parlemen

Hujan Interupsi, Penandatanganan Kesepakatan Rancangan Awal RPJMD Ditunda!

 

Koropak.co.id - Rapat Paripurna tentang Penandatanganan Nota Kesepakatan Rancangan Awal RPJMD Kota Tasikmalaya Tahun 2017-2022 dan Penetapan Pokok-Pokok Pikiran DPRD Kota Tasikmalaya Tahun 2021 yang dilangsungkan Jumat (6/3/2020) dihujani interupsi.

Tercatat tiga fraksi menyampaikan interupsi atas belum disosialisasikannya Rancangan Awal RPJMD Kota Tasikmalaya Tahun 2017-2022 kepada tiap fraksi.

Ketua Fraksi PAN, Bagas Suryono menilai nota kesepakatan Rancangan Awal RPJMD Kota Tasikmalaya Tahun 2017-2022 belum layak untuk ditandatangani mengingat belum ada satupun fraksi yang mendapat sosialisasi terkait Rancangan Awal RPJMD tersebut.

"Jika memaksa dilanjutkan, akan lebih banyak interupsi dari fraksi karena belum mengetahui apa saja poin-poin dalam rancangan awal tersebut seiring belum disosialisasikan oleh Pansus," katanya.

Anggota Fraksi PKS, Dede Muhammad Muharram menilai jika Ketua DPRD memang sudah menerima informasi dari Pansus bahwa Rancangan Awal RPJMD sudah disosialisasikan, fraksi sama sekali belum menerima sosialisasi rancangan tersebut.

"Jadi keabsahan informasi tersebut dari mana, karena kami dan fraksi-fraksi lain belum menerima sosialisasi," katanya.

Ketua Fraksi Golkar, H. Nurul Awalin dengan tegas menyatakan Fraksi Golkar belum dapat sosialisasi tersebut. Jika ada informasi terhadap Ketua DPRD terkait sudah disosialisasikannya Rancangan Awal RPJMD tersebut, hal tersebut sama dengan pembodohan informasi terhadap Ketua DPRD.

"Dalam aturannya, tidak ada keputusan yang tidak disosialisasikan terlebih dahulu ke fraksi-fraksi. Jadi, mau apa ditandatangani nota kesepakatannya jika kita sama sekali tidak dikasih tau isinya," katanya.

Atas ketidaksepakatan fraksi tersebut, penandatanganan nota kesepakatan Rancangan Awal RPJMD Kota Tasikmalaya tahun 2017-2022 ditunda, untuk segera dibahas penjadwalannya di Badan Musyawarah.

 

Koropak.co.id - Hujan Interupsi, Penandatanganan Kesepakatan Rancangan Awal RPJMD Ditunda! (2)

 

Baca : Pembahasan Perubahan RPJMD Kota Tasikmalaya Terancam Molor

Sementara itu, Ketua Pansus Pembahas Rancangan Awal RPJMD, H. Undang Syafrudin menuturkan pansus mempunyai anggapan bahwa ini baru sebatas rancangan, belum masuk ke RPJMD yang nantinya betul-betul akan jadi acuan.

"Memang, belum pernah kita menyosialisasikan hasil kerja mengenai rancangan awal RPJMD. Tapi hal itu bukan keputusan tak beralasan. Saat itu pansus mempunyai tanggapan positif terhadap pendamping, dan berkonsultasi apakah harus sampai sosialisasi atau tanggungjawab di paripurna saja. Bahkan kami juga turut mempedomani Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 Pasal 344.*

 

Baca pula : Tidak Ada Perubahan Signifikan Pemkot Tasikmalaya


Berita Terkait