IPEMI Ciamis Waspadai Penipuan Berkedok Investasi Bodong

Sabtu, 07 Maret 2020 14:22 Hazna Fairuz Daerah

IPEMI Ciamis Waspadai Penipuan Berkedok Investasi Bodong

 

Koropak.co.id - Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Kabupaten Ciamis kini semakin waspada terhadap penipuan berkedok investasi bodong yang merebak di berbagai daerah.

Berbincang bersama Koropak, Sabtu (7/3/2020), Ketua IPEMI Ciamis, Ega Haryati menuturkan dari 300 pengusaha muslimah yang ada di IPEMI Ciamis, tidak ada satu pun yang jadi korban investasi bodong.

"Oleh sebab itu, sebagai langkah antisipasi, kami pun memperkaya wawasan terkait investasi bodong dengan menghadirkan narasumber dari OJK Tasikmalaya, yang kami gelar, Kamis (5/3/2020)," katanya.

Literasi keuangan bagi pengusaha, ucap Ega, sangat penting. Pasalnya selama ini banyak modus investasi bodong dan tipu-tipu dalam masalah keuangan.

"Alhamdulillah. Dengan adanya literasi keuangan dari OJK, kami semakin memahami modus investasi bodong sehingga kami dapat mengantisipasi dan menghindarinya, " ujar Ega.

 

Baca : Kepala OJK Jawa Barat Ingatkan Masyarakat Hindari Investasi Bodong

 

Koropak.co.id - IPEMI Ciamis Waspadai Penipuan Berkedok Investasi Bodong (2)

 

Baca pula : Kisruh Bank Emok Akibat Banyak Penyedia Pinjaman Gerah

Kepala Sub Bagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Tasikmalaya Trisma Ratna Dewi Kania mengatakan, melalui literasi keuangan, OJK ingin mendorong masyarakat agar lebih cerdas dan lebih bijak dalam memilih produk dan layangan keuangan.

"Dengan literasi tersebut, masyarakat diharapkan bisa memilih produk keuangan yang resmi. Tidak terjebak dalam praktik investasi bodong," katanya.

Dijelaskan Trisma, sangat disyukuri hingga saat ini masyarakat, khususnya IPEMI Ciamis, belum ada yang menjadi korban investasi bodong. Namun, daftar keluhan dan pengaduan sudah cukup banyak, baik tertulis atau lisan.

"Guna mewaspadai investasi bodong, kami punya Tim Waspada Investasi Bodong dengan anggota terdiri atas lintas lembaga. Tugasnya, melakukan koordinasi untuk penanganan dan pencegahan tindakan penghimpunan dana ilegal. Jadi investasi bodong itu intinya penghimpunan dana masyarakat tanpa ada izin dari OJK," tutur Trisma.*

 

Lihat : Terjawab, Bank Emok Hanya Istilah Di Masyarakat

 


Berita Terkait