Ribuan Dukungan Pasangan Cabup Cawabup Tak Memenuhi Syarat

Selasa, 10 Maret 2020 07:29 D. Farhan Kamil Pilkada

Ribuan Dukungan Pasangan Cabup Cawabup Tak Memenuhi Syarat


Koropak.co.id - Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, Zamzam Zamaludin melalui Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Pemilu, Jajang Jamaludin S.Ag mengatakan, tahapan verifikasi administrasi yang dilakukan KPU dan PPK terhadap berkas syarat dukungan calon pasangan bupati dan wabup dari perseorangan, sampai dengan Senin (9/3/2020 ), KPU mencatat sabanyak 25.868 ribu syarat dukungan dari total 118 ribu lembar dukungan yang diserahkan tim Cep Zamzam Dzulfikar Nur dan Padil Karsoma (CEKAS), telah terverifikasi.

Dari jumlah syarat dukungan yang telah diperiksa, terdapat sebanyak 2.720 lembar dukungan yang tidak memenuhi syarat (TMS) atau sekitar 10,51 persen. Sementara sisanya atau sebanyak 23.148 lembar syarat dukungan, dinyatakan memenuhi syarat (MS).

"Yang TMS itu rata-rata ditemukan perbedaan data antara KTP dengan formulir B1 KWK, seperti NIK atau alamat RT/RW. Dan itu terjadi untuk KTP-el atau KTP non elektronik yang terbit sekitatar tahun 2000," kata Jajang.

Menurutnya, dalam tahapan verifikasi yang dilakukan KPU bersama PPK dan diawasi oleh Bawaslu dan Panwascam, diselaraskan dengan indikator-indikator MS dan TMS dalam aturan PKPU Nomor 1 Tahun 2020 dan Keputusan KPU RI Nomor 82 tahun 2020 tentang ketentuan verifikasi administrasi.

"Hingga hari ini, kita baru verifikasi syarat dukungan di 20 kecamatan dengan mendahulukan kecamatan kurus. Nanti menyusul kecamatan gemuk. Targetnya selesai tanggal 17 Maret nanti meskipun dalam tahapannya berakhir pada 25 Maret. Kita lakukan percepatan dengan target minimal 10 ribu lambar syarat dukungan terverifikasi per hari," ujarnya.

 

Baca : Syarat Dukungan Calon Perseorangan Mulai Masuk Februari 2020

 

 

Koropak.co.id - Syarat Dukungan Calon Perseorangan  Mulai Masuk Februari 2020 (2)

 

 

Seiring dengan verifikasi administrasi di KPU, pihaknya juga melakukan pengecekan kegandaan NIK di Disdukcapil yang diperkirakan selesai dua sampai tiga hari ke depan, untuk kemudian kita sesuaikan dengan DPT pemilu sebelumnya dan DP4.

Proses verifikasi administrasi syarat dukungan bakal calon perseorangan ini, ditargetkan selesai hingga tanggal 17 Maret 2020. Dilanjutkan nanti selama 20 hari kedepan, yaitu verifikasi faktual kelapangan yang dilakukan 26 Maret-15 April.

Divisi Pengawasan, Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, Ahmad Azis Firdaus mengatakan, Bawaslu melakukan pengawasan melekat terhadap proses verifikasi administrasi syarat dukungan calon perseorangan yang dilakukan oleh KPU, yang mengacu PKPU Nomor 1 tahun 2020 dan Keputusan KPU RI Nomor 82 tahun 2020 tentang ketentuan verifikasi administrasi kesesuaian NIK, nama, alamat, tanggal atau identitas diri.*

 

Baca pula : KPU Tetapkan Syarat Dukungan Calon Bupati Tasikmalaya Dari Perseorangan