Kota Tasikmalaya Targetkan Juara Umum di MTQ 2020 Jabar

Jum'at, 13 Maret 2020 08:18 Erni Nur'aeni Daerah

Kota Tasikmalaya Targetkan Juara Umum di MTQ 2020 Jabar

 

Koropak.co.id - Sebanyak 50 peserta melaksanakan kegiatan pembinaan kafilah MTQ 2020 yang dilaksanakan di dua tempat yaitu di Pondok Pesantren Hidayatul Mustafid Sindang Resik Awipari dan Pondok Pesantren Al-Mubarok Cikawung Awipari Cibeureum Kota Tasikmalaya, Kamis (12/3/2020).

Kabag Kesra Setda Kota Tasikmalaya sekaligus Ketua Panitia Pembinaan Kafilah, Nasirin mengatakan sebelum melaksanakan pembinaan, para peserta diperiksa kesehatannya yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan.

"Jadi mereka sekarang diperiksa dulu kesehatannya. Kita harus mengetahui kondisi kesehatan para kafilah sedini mungkin, karena mereka akan mengikuti pembinaan selama tiga hari, mulai hari ini, sampai Sabtu (14/3/2020)," katanya.

Pembinaan kafilah, kata Nasirin, menjadi upaya untuk meningkatkan kapasitas serta potensi kafilah agar tumbuh dan berkembang menjadi calon peserta MTQ yang kompatibel, kredibel dan paripurna.

"Pembinaan sangatlah penting sebab dalam ajang MTQ, Kota Tasikmalaya tidak pernah absen dari ranking lima besar, dan merebut ranking ke-2 ketika MTQ tingkat Provinsi Jawa Barat dilangsungkan di Kota Tasikmalaya. Semua cabang kita ikuti, dengan harapan kita akan menjadi juara umum, seiring dengan konsistensi kita yang sering masuk ke ranking lima besar. Khusus untuk tahun 2020, kita harapkan setiap cabang menjadi juara," katanya.

 

Koropak.co.id - Kota Tasikmalaya Targetkan Juara Umum di MTQ 2020 Jabar (2)

 

Baca : Hadapi MTQ 2020 Jabar, Kota Tasikmalaya Lakukan Pembinaan

 

Adapun dalam 7 cabang MTQ tersebut, masing-masing kafilah dari Kota Tasikmalaya yang ikut serta meliputi seni baca Al-Quran 14 orang, cabang Hafalan Al-Quran 12 orang, cabang Tafsir Al-Quran 7 orang, cabang Fahm Al-Quran 6 orang, cabang Syarh Al-Quran 5 orang, cabang seni kaligrafi Al-Quran 3 orang, dan cabang karya tulis ilmiah Al-Quran 3 orang.

"Sedangkan yang bertindak sebagai pembina kegiatan yaitu para pembina Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Tasikmalaya dan Pembina LPTQ Provinsi Jawa Barat sebanyak 34 orang," kata Nasirin.*

 

Lihat : Pawai Kafilah Buka Ajang MTQ Tingkat Kota Tasikmalaya