Raperda P4GN Jadi Prioritas Tapi Anggaran Belum Disiapkan

Jum'at, 13 Maret 2020 14:26 Clara Aditia Parlemen

Raperda P4GN Jadi Prioritas Tapi Anggaran Belum Disiapkan


Koropak.co.id - Anggota Pansus Pembahas Raperda tentang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), Dodi Ferdiana Kusnandar menilai seiring dengan urgensinya, kelak setelah Raperda P4GN diparipurnakan, maka harus segera diimplementasikan.

"Justru kan yang jadi permasalahan adalah aturan teknis melalui Perwalkot. Setelah diparipurnakan, maka kita harapkan Perwalkot segera disiapkan untuk menunjang implementasi Perda P4GN," katanya.

Hanya saja, kata Dodi, dikarenakan berurusan dengan anggaran, maka Perda tersebut tidak dapat secepatnya diimplementasikan. Paling tidak Perda P4GN bisa diimplementasikan 6 bulan pasca diparipurnakan agar dapat masuk ke dalam anggaran perubahan.

"Kalau Perda prioritas, seharusnya penganggarannya sudah disiapkan. Tapi kenyataannya belum. Maka kami siasati agar Perda P4GN tersebut dapat masuk ke anggaran perubahan sehingga dapat secepatnya diimplementasikan," kata Dodi yang merupakan anggota Komisi I dari Fraksi Gerindra DPRD Kota Tasikmalaya.

Tentu, ucap Dodi, seluruh tahapan akan dilalui, demi implementasi Perda bisa berjalan secepatnya, secara efektif.

"Memang permasalahannya hanyalah waktu, yang sangat disayangkan Raperda ini tidak dapat secepatnya diimplementasikan pasca diparipurnakan. Masih harus menunggu enam bulan untuk menyiapkan Perwalkot sebagai aturan teknisnya," kata Dodi.

 

Koropak.co.id - Raperda P4GN Jadi Prioritas Tapi Anggaran Belum Disiapkan (2)

 

Barulah, ucap Dodi, setelah Perwalkot selesai, Perda P4GN bisa masuk ke anggaran perubahan, agar dapat diimplementasikan. Minimal dengan dukungan anggaran perubahan, bisa meng-cover beberapa program yang disiapkan dalam Perda P4GN.

"Kenapa kita harapkan Perda tersebut dapat diimplementasikan secepatnya, mengingat jika didasarkan pada studi kasus, masalah narkotika ini merupakan masalah yang sangat urgent. Tidak heran jika di awal penyusunan Program Pembentukan Perda, Bapemperda menjadikan Perda ini sebagai Perda prioritas," katanya.

Ditambahkan Dodi, narkotika bukanlah masalah kecil. Narkotika dikategorikan sebagai extra ordinary crime. Sudah banyak korban yang berjatuhan akibat jerat haram narkotika. Apalagi sasarannya adalah generasi muda. Jika tidak dilakukan pencegahan sedini mungkin

"Kalau tidak bisa dicegah, generasi muda akan terus dikontaminasi narkotika. Oleh sebab itu, Perda P4GN ini diharapkan akan menjadi payung hukum bagi pemerintah untuk memerangi narkotika, membentengi warga, khususnya generasi muda dari jeratan barang haram narkotika," katanya.*

 

Baca pula : Rehabilitasi Jadi Tahapan Penting Pasca Suspect Positif Narkotika