Di Indonesia Hanya Di Salawu Tasikmalaya Ada Kampung Demokrasi

Sabtu, 14 Maret 2020 14:02 D. Farhan Kamil Pilkada

Di Indonesia Hanya Di Salawu Tasikmalaya Ada Kampung Demokrasi

 

Koropak.co.id - Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat pemilih dalam Pilkada serentak 23 September 2020 nanti, sekaligus untuk mengedukasi pentingnya berdemokrasi, KPU Kabupaten Tasikmalaya melaunching Kampung Demokrasi di Kampung Pamoyanan Desa Karangmukti Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu (14/3/2020).

Sebagai wujud dijadikannya Kampung Demokrasi, KPU juga menyulap pos ronda RT 16/04 Pamoyanan, menjadi saung demokrasi yang dipenuhi ornamen-ornamen tentang kepemiluan seperti informasi denah pemungutan suara, jumlah peserta pemilu dan pemilih serta sejumlah informasi aturan dan undang-undang pemilu.

Dalam acara launching yang dihadiri Ketua beserta jajaran Komisioner dan Sekretaris KPU Kabupaten Tasikmalaya itu, juga dihadiri Camat Salawu, Herman Dahlan, Kapolsek Salawu AKP Dedi Hidayat, ketua PPK se dapil 7, Kepala desa se-Kecamatan Salawu, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda Kampung Pamoyanan.

"Jika di KPU ada rumah pintar pemilu, maka di sini ada kampung demokrasi yang di dalamnya ada saung demokrasi satu-satunya di Indinesia. Ini merupakan ikhtiar kami bagimana masyarakat lebih sadar berdemokrasi dan pada akhirnya mempengaruhi tingkat partisipasi pemilih pada hari pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS)," kata Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, Zamzam Zamaludin.

 

Koropak.co.id - Di Indonesia Hanya Di Salawu Tasikmalaya Ada Kampung Demokrasi (2)

 

Baca : KPU RI Lakukan Monitoring Ke KPU Kabupaten Tasikmalaya

Kampung demokrasi ini terang Zamzam, mudah-mudahan menjadi pilot project yang dikuti oleh kampung/ desa/ kecamatan lain di wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

"Kampung demokrasi ini juga salah satu bagian dari sosialisasi dan pendidikan pemilih dalam rangka meningkatkan kemampuan literasi pemilu di kalangan masyarakat dalam tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati Tasikmalaya tahun 2020," tuturnya.

Ditambahkan, dalam pelaksanaan Pilpres 2019, Kampung Pamoyanan ini partisipasi pemilihnya mencapai 85 persen. Sehingga KPU Kabupaten Tasikmalaya menunjuk kampung ini sebagai kampung demokrasi.*


Baca : Awas Ancaman Politik Uang Bawaslu Launching Sadapur 


Berita Terkait