Gerakan Non Tunai, Bank Indonesia Ajak Masyarakat Gunakan QRIS

Minggu, 15 Maret 2020 10:31 Eris Kuswara Daerah

Gerakan Non Tunai, Bank Indonesia Ajak Masyarakat Gunakan QRIS


Koropak.co.id - Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Tasikmalaya menggelar Pekan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Nasional di Halaman Bank BJB Cabang Tasikmalaya Jalan Mayor Utarya Tawang Kota Tasikmalaya, Sabtu (14/3/2020).

Dalam kegiatan tersebut, digelar pula Fun Run dan Fun Zumba yang diikuti lebih dari 670 peserta dari berbagai kalangan. Di Akhir acara, peserta dihibur dengan bermacam hiburan dan doorprize menarik.

Kepada Koropak, Kepala KPw Bank Indonesia Tasikmalaya Heru Saptaji mengatakan Bank Indonesia gencar menyosialisasikan QRIS kepada masyarakat sejak 9 Maret 2020 lalu. Puncaknya, kegiatan Pekan QRIS Nasional ini menjadi sarana sebagai simulasi tata cara bertransaksi digital yang lebih mudah dengan menggunakan uang digital.

"Di event Pekan QRIS Nasional Hari ini, kita simulasikan cara bertransaksi dengan QRIS, dengan harapan masyarakat mulai melakukan perubahan perilaku dari yang terbiasa melakukan transaksi tunai ke non tunai berbasis digital," katanya.

 

 

Koropak.co.id - Gerakan Non Tunai, Bank Indonesia Ajak Masyarakat Gunakan QRIS (2)

 

Baca : Era Digital Memudahkan Masyarakat Mengatur Keuangan

 

Tentu, kata Heru, dengan menggunakan QRIS, masyarakat dapat melakukan transaksi ke berbagai aplikasi pembayaran digital.

"Sangat penting pula untuk memberikan pemahaman kepada merchant yang ada untuk mengubah QR dari berbagai aplikasi menjadi kode QR QRIS karena QRIS merupakan aplikasi karya anak bangsa yang menjembatani berbagai aplikasi dompet digital," ujar Heru.

Heru menargetkan di tahun 2020 dapat lebih dari 50 merchant menerima pembayaran digital lewat QRIS, sehingga selain memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam bertransaksi, juga memberikan kemudahan bagi Bank Indonesia dalam melakukan monitoring siklus transaksi keuangan yang optimis setiap harinya meningkat.*

 

Baca Juga : DKM dan DMI Se-Priangan Timur Sambut Baik Aplikasi QRIS


Berita Terkait